ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA MOBIL CEPU LTD. DALAM PENINGKATAN PRASARANA DESA DI KABUPATEN TUBAN

SUTRISNO , SUTRISNO

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian yaitu memperoleh gambaran dan menganalisis implementasi corporate social responsibility dalam meningkatkan prasarana Desa di Tuban sesuai dengan ekspektasi perusahaan dan masyarakat lokal di daerah sekitar pemasangan pipa minyak. Diduga implementasi corporate social responsibility dalam meningkatkan prasarana Desa di Tuban sudah sesuai dengan ekspektasi perusahaan dan masyarakat lokal di daerah sekitar pemasangan pipa minyak.

Kajian kualitatif ini menghasilkan gambaran (deskripsi) mengenai konsep dan pelaksanaan program CSR MCL dalam peningkatan prasarana desa sepanjang pemasangan pipa minyak di Kabupaten Tuban. Penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses, bukan hanya pada hasil akhir atau produk penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif, tahapan analisis dimulai dengan melihat konsepsi dasar program CSR MCL, kemudian dikembangkan seluruh tema pokok yang dijadikan sebagai dasar penelitian.

Hasil penelitan, Musdes pelaksanaan dimaksudkan untuk menyampaikan hasil Forum Rembug Desa dan perencanaan teknik pembangunan di desa kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar mengetahui pelaksanaan dalam pembangunan termasuk desain, biaya, swadaya sehingga masyarakat dapat mempersiapkan dari awal sebelum pekerjaan pembangunan dilaksanakan.

Adanya perubahan titik lokasi di desa kepohagung dari rencana awal pagar sekolah SDN 1 Kepohagung dan Sumur bor menjadi Pagar SDN 1 Kepohagung dan Jalan Paving didusun Grebegan. Ini dikarenakan tidak adanya kesepahaman dari warga untuk melakukan pengeboran sumur karena berkaca dari tahun yang lalu pernah ada sumur bor tersebut mengurangi debit air sumur warga menjadi berkurang dan akhirnya sumur bor yang dulu pernah ada menjadi terbengkelai. Sehingga pemerintah desa dan warga mencari solusi terbaik akhirnya disepakati pembangunan Pavingisasi jalan dusun Grebegan desa Kepohagung.

 

 

Keywords

Kata kunci : Industri Kreatif, Prasarana, Peningkatan

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Blowfield, M. & Frynas, J. G. 2007. Setting New Agendas: Critical Perspectives on Corporate Social Responsibility in The Developing World. International Affairs, 81(3), 499–513.

Budimanta dan Rudito. 2007. Metode dan Teknik Pengelolaan Comdev. Jakarta. ICSD (Indonesia Center Sustainable Development)

Hamidi. 2009. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Iqbal, M., dan Sudaryanto. 2008. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) dalam Prespektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Analisis Kebijakan Pertanian, Volume 6 No. 2, Juni 2008: 155-173.

Iriantara, Yosal. 2009. Community Relations, Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Moleong, J Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya

Sukada, Sonny., Pamadi, Wibowo, Katansi, G., Jalal, Irpan, Kadir., Taufik Rahman. 2007. Membumikan Bisnis Berkelanjutan. Jakarta: Indonesia Business Links.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.