Sistem Pendukung Keputusan Untuk Tender Alat Kesehatan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik

Maulana Ishaq, Dwi Cahyono, Ratna Nur Tiara Shanty

Abstract

Tender alat kesehatan merupakan salah satu kegiatan pengadaan yang dilakukan oleh Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam meningkatkan pelayanannya. Pihak rumah sakit sering mengalami kesulitan dalam menjalankan proses tender. Salah satunya dalam menentukan perusahaan peserta tender yang berhak lolos ke tahapan presentasi karena pemilihan sebelumnya hanya berdasarkan insting semata, sehingga dapat menyebabkan proses tender berlangsung lama. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pengelolaan khusus dengan menerapkan teknologi informasi sebagai pendukung keputusan untuk menentukan perusahaan yang lolos seleksi tahap awal. Pada Tugas Akhir ini dibuatlah “Sistem Pendukung Keputusan untuk Tender Alat Kesehatan” berbasis Web yang dikembangkan ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) yang dapat melakukan seleksi dan merekomendasikan perusahaan peserta tender berdasarkan dengan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini mampu untuk memudahkan pihak rumah sakit dalam melakukan seleksi perusahaan peserta tender dalam proses pengadaan dengan cara memberikan output berupa perangkingan yang dapat dijadikan prioritas dalam pengambilan keputusan.

Keywords

Tender Alat Kesehatan; Sistem Pendukung Keputusan; TOPSIS; PHP;

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF view : 147 times

Full Text:

PDF

References

L. M. M. Nur Ilmi Faisal, Jenny Morasa, “Analisis Sistem Pengadaan Barang dan Jasa (Penunjung Langsung) pada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado,” Ris. Akutansi Going Concern, vol. 12, no. 2, pp. 1122–1132, 2017.

A. R. A. Nurchana, B. S. Haryono, and R. Adiono, “Efektivitas dalam Pengadaan Barang/Jasa (Studi terhadap Penerapan E-Procurement dalam Pengadaan Barang/Jasa di Kabupaten Bojonegoro),” J. Adm. Publik, vol. 2, no. 2, pp. 355–359, 2014.

J. Kenedi, D. Lanin, Z. Agus, K. Kunci, R. Sakit, and A. Kesehatan, “Analisis Pengadaan Alat Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman Tahun 2017,” vol. 7, no. Supplement 2, pp. 9–16, 2018.

Karyasa, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GAGAL LELANG PENGADAAN BARANG DAN JASA ( E-PROCUREMENT ) DI KABUPATEN BADUNG,” vol. 2, no. 1, pp. 19–27, 2014.

A. K. Sari, E. Sihombing, and Solikhatun, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bidang Kesehatan,” 2006.

Y. I. Gilang Sonar Amanu, “PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN DAN PERSEDIAAN BARANG DENGAN METODE PERPETUALINVENTORYMETHOD DAN ECONOMIC ORDER QUANTITY,” vol. 7, pp. 21–30.

A. Y. Rahman, M. Sa’adah, F. W. Setiawan, and E. Supriyanto, “Vice Presidential Election Prediction Period 2019- 2024 using Simple Additive Weighting,” pp. 56–60, 2018.

S. A. Denni Aldi Ramadhani, “Perhitungan Sistem pendukung keputusan penerimaan pegawai dengan metode topsis.”

Frieyadie, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI KENAIKAN JABATAN,” 2016.

M. Tanubrata, “Evaluasi Penawaran pada Proses Pengadaan Barang.”

F. Riandari, P. M. Hasugian, and I. Taufik, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Topsis Dalam Memilih Kepala Departemen Pada Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera Ii Medan,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 6–13, 2017.

B. A. Benning, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN PERANGKAT KOMPUTER DENGAN METODE TOPSIS,” J. Inform. Mulawarman, vol. 10, no. 2, pp. 1–7, 2015.

A. Y. Rahman, M. Sa’adah, F. W. Setiawan, A. L. Hananto, and E. Supriyanto, “Access Level File using Simple Additive Weighting,” pp. 62–66, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.