Penilaian Kinerja Karyawan di Kantor RUPBASAN Kelas II Blitas Dengan Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighted

Ahmad Desma Syahputra, Fitri Marisa

Abstract

Pengukuran kinerja suatu perusahaan sangat penting guna evaluasi dan perencanaan masa depan. Penilaian prestasi karyawan mutlak harus dilakukan untuk mengetahui prestasi yang hendak dicapai setiap karyawan. Untuk itu setiap perusahaan mempunyai cara yang berbeda dalam melakukan penilaian prestasi kerja karyawan. Dalam praktiknya, kegiatan penilaian atas prestasi kerja para karyawan harus dilakukan dengan metode yang baik dan tepat, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penilaian. Hasil penilaian yang dilakukan harus dapat menjamin perlakuan yang adil serta memuaskan bagi para karyawan yang dinilai, sehingga pada gilirannya menumbuhkan loyalitas dan semangat kerja. Ada beberapa alat bantu yang sudah umum digunakan untuk melakukan penilaian prestasi kerja karyawan, yaitu dengan metode performance apparsial. Akan tetapi metode ini memiliki beberapa masalah diantaranya adalah penilaian masih bersifat samar, terjadi efek halo, kecenderungan terpusat, dipengaruhi umur, ras dan jenis kelamin. Sistem pendukung keputusan merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian prestasi kerja karyawan dengan cara memperbaiki metode penilaian dari performance apparsial. Metode Fuzzy Simple Additive Weighting dipilih untuk melakukan penilaian dan perangkingan prestasi kerja karyawan. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi  ini dapat diimplementasikan untuk penilaian prestasi kerja karyawan kontrak di kantror RUPBASAN kelas II Blitar.

Keywords

Pengukuruan kinerja; Penilaian prestasi; kantor rupbasan; Performance Apparsial; Fuzzy SAW;

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF view : 116 times

Full Text:

PDF

References

A. Y. Rahman, M. Sa’adah, F. W. Setiawan, and E. Supriyanto, “Vice Presidential Election Prediction Period 2019- 2024 using Simple Additive Weighting,” pp. 56–60, 2018.

A. P. Widyassari, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan untuk Kenaikan Gaji Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Intensif, vol. 1, no. 2, p. 92, 2017.

A. Y. Rahman, M. Sa’adah, F. W. Setiawan, A. L. Hananto, and E. Supriyanto, “Access Level File using Simple Additive Weighting,” pp. 62–66, 2018.

A. K. Sari, E. Sihombing, and Solikhatun, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bidang Kesehatan,” 2017.

Saefudin, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW),” vol. 1, no. 1, pp. 33–37, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.