Sistem Pakar Tes Kepribadian Menggunakan Metode Naive Bayes

Khalid Aji

Abstract

Ilmu Psikologi merupakan disiplin ilmu yang secara umum bertujuan untuk memahami perilaku sesama manusia. Dalam prakteknya ilmu psikologi sebagian besar masih menggunakan cara-cara dan metode lama dalam proses memahami dan mempelajari ilmu psikologi suatu objek. Salah satu metode lama yang masih digunakan dalam ilmu psikologi yakni dengan cara membuat lembaran-lembaran kuisioner atau serangkaian pernyataan yang akan diberikan kepada objek yang akan dipelajari lalu kuisioner-kuisioner tersebut diisi oleh masing-masing objek.

Melihat hal tersebut perlu pemanfaatan teknologi untuk membuat aplikasi bidang psikologi, khususnya pada sub bidang kepribadian dimana aplikasi tersebut menggunkan pengetahuan komputer dibidang kecerdasan buatan khususnya cabang sistem pakar untuk membantu klasifikasi kepribadian seseorang dengan menggunkana metode Naive Bayes. Sebab, metode ini mempunyai tingkat akurasi yang lebih baik dibandingan model klasifikasi lainnya. Metode Naive Bayes merupakan salah satu metode klasifikasi yang efektif dan efisien karena proses pengklasifikasiannya bekerja secara independen pada setiap fitur objek yang akan diklasifikasi.

Berdasarkan hasil perbandingan pengujian sistem dengan menggunakan metode Naive Bayes dengan 100 data learning dan menguji 10 data testing, perbandingan untuk uji sistem pakar memiliki hasil akurasi 70%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil akurasi menunjukkan bahwa metode yang digunakan cukup baik untuk klasifikasi menentukan jenik kepribadian Introvert atau Ekstrovert. Dapat disimpulkan semakin banyak data yang digunakan maka semakin besar pula nilai akurasinya.

Keywords

Tes Kepribadian, Sistem Pakar, Naive Bayes

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF view : 222 times

Full Text:

PDF

References

Abu Bakar MS, “PSIKOLOGI TRANSPERSONAL; Mengenal Konsep Kebahagiaan dalam Psikologi Oleh Abu Bakar MS,” vol. 8, no. 2, pp. 162–180, 2018.

A. R. Wardhani and C. B. Santoso, “METODE PSIKOLOGIS TERHADAP INTENSI KELUAR DENGAN KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL,” vol. 4, no. 3, pp. 464–473, 2018.

K. S. Devi and K. R. Suwena, “Analisis Kepribadian Psikologis Dan Faktor Organisasi yang Berpengaruh di Kinerja Karyawan,” vol. 5, no. 1, pp. 24–33, 2018.

A. Y. Rahman, M. Sa’adah, F. W. Setiawan, and E. Supriyanto, “Vice Presidential Election Prediction Period 2019- 2024 using Simple Additive Weighting,” pp. 56–60, 2018.

H. Effendi, Warjio, and Kariono, “Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Dari Finansial, Psikologi, Dan Sosial Terhadap Prestasi Kerja Pegawai,” vol. 7, no. 1, pp. 17–32, 2017.

A. Y. Rahman, M. Sa’adah, F. W. Setiawan, A. L. Hananto, and E. Supriyanto, “Access Level File using Simple Additive Weighting,” pp. 62–66, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.