Pengembangan Aplikasi Evaluasi Dosen Berbasis Android dengan Keamanan Json Web token (JWT)

Eko Junirianto

Abstract

Pengembangan aplikasi ini dilatarbelakangi oleh penilaian kinerja pegawai yang merupakan kegiatan umum untuk dilakukan sebagai bahan evaluasi terhadap performa dan kinerja pegawai dengan tujuan peningkatan mutu pegawai dalam hal ini adalah peningkatan kinerja dosen di pendidikan tinggi. Kurangnya efektifitas dan efisiensi dalam melakukan kegiatan evaluasi dosen yang hanya dapat dilakukan melalui web inilah yang mendasari dilakukannya perancangan aplikasi evaluasi dosen berbasis android. Proses dalam pembuatan aplikasi android adalah pada sisi keamanan data web servicenya. Untuk meningkatkan keamanan dalam lingkungan android dan web service akan memanfaatkan metode JSON Web token (JWT) yang berguna untuk melakukan pertukaran data dengan memanfaatkan token. Serta dari hasil perancangan aplikasi evaluasi dosen berbasis android dengan keamanan Json Web token (JWT) ini adalah aplikasi android yang memberikan efisiensi dan efektifitas bagi mahasiswa dalam melakukan proses evaluasi terhadap dosen. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, membuktikan bahwa mulai dari menampilkan halaman login sampai dengan keluar aplikasi evaluasi dosen dapat dilakukan dengan baik dengan status berhasil. Serta dalam hasil implementasi dan pengujian aplikasi maka dapat diambil kesimpulan pengembangan web service dapat dipergunakan untuk mengintegrasikan sistem aplikasi evaluasi dosen berbasis android dengan sistem yang sudah ada dan dengan keamanan JWT pada web service membantu proses pertukaran data lebih terjamin keamanannya.

Keywords

Evaluasi kinerja pegawai; android; json web token; web service; evaluasi dosen

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF view : 96 times

Full Text:

PDF

References

A. D. Syahputra and F. Marisa, “Penilaian Kinerja Karyawan di Kantor RUPBASAN Kelas II Blitas Dengan Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighted,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, p. 69, 2019.

R. Hidayat, “Performance Appraisal sebagai Alat Pengukuran Kepuasan Kerja Karayawan,” Ilman, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2017.

A. Arvianto, N. U. Handayani, and S. Saptadi, “Pengembangan Indikator Kinerja Utama Untuk Mengukur Keberlanjutan Penelitian Pada Fakultas Teknik Universitas Diponegoro,” vol. 2, no. 2, pp. 263–274, 2018.

R. Kusumawati, M. S. Maarif, and S. Nurdiati, “Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Taman Buah Mekarsari,” J. Apl. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 59–70, 2019.

I. Larasati and F. Marisa, “Sistem Aplikasi Penentu Gaji Karyawan pada UD. Mebel DM Menggunakan Metode AHP Berbasis Website,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, p. 27, 2019.

P. Agung and F. Marisa, “Analisis Statistik pada Dampak Negatif dari Sosial Media Terhadap Perilaku Manusia,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, p. 1, 2019.

C. Andriani and F. Marisa, “Penentuan Penerima Beasiswa Unggul Mulia dan Bidik Misi menggunakan Metode SAW,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 81–84, 2018.

A. Yulianto, S. D. Putra, and R. Haroen, “Sistem Informasi Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Salesman Dengan Metode Simple Additive Weight Berbasis Web Pada PT. Dua Berlian,” vol. 3, no. 2, pp. 103–109, 2019.

M. Ishaq, D. Cahyono, and R. N. T. Shanty, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Tender Alat Kesehatan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sekapuk Gresik,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, p. 31, 2019.

S. Indah and M. Marini, “Sistem Penilaian Kinerja Karyawan PT. Cahaya Iqra Mandiri Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” vol. 11, no. 10, pp. 110–117, 2019.

D. Sartika and J. Jumadi, “Clustering Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Algoritma K-Means ( Studi Kasus : Universitas Dehasen Bengkulu ),” Sainteks, no. 978-602-52720-1–1, pp. 703–709, 2019.

D. R. Pujiati, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP),” Expert, vol. 2, no. 2, pp. 19–33, 2018.

G. W. Wicaksono and A. Al-rizki, “Peningkatan Kualitas Evaluasi Mutu Akademik Universitas Muhammadiyah Malang melalui Sistem Informasi Mutu ( SIMUTU ),” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.

I. Widaningrum, “EVALUASI KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING ( FMADM ) DENGAN PENGEMBANGAN ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO ),” pp. 61–66, 2013.

I. N. S. Wahyu Wijaya and K. J. Atmaja, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 8, no. 1, p. 55, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.