Implementasi Metodologi Kanban Dalam Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pertanian Dengan Pendekatan Zachman Framework

Dicky Dewantoro, Condro Kartiko, Fauzan Romadlon

Abstract

Petani menggunakan hasil panen untuk dijual dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini pula yang terjadi di desa Dukuhwulung, Kabupaten Banyumas. Mayoritas petani di Dukuhwulung sangat bergantung pada pengepul. Petani menjual hasil tani masih mengandalkan pengepul dengan harga yang sudah ditentukan oleh pengepul. Kesulitan yang dialami petani belum memiliki fasilitas dalam media transaksi secara langsung kepada konsumen agar dapat mengolah data pasokan barang dan harga sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini untuk membuat aplikasi e-commerce pertanian dalam melakukan penjualan hasil tani secara langsung tanpa perantara dengan menggunakan penjualan dengan sistem e-commerce. Pembangunan aplikasi ini menerapkan metode zachman framework dalam menentukan batasan-batasan bisnis logic yang akan diterapkan pada aplikasi dan menerapkan metodologi kanban untuk pembangunan aplikasi dengan proses to-do pada kanban board. Proses yang dilakukan antara lain menganalisis perancangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan owner. Metode kanban yang dilakukan antara lain, perancangan product backlog dalam menentukan kebutuhan sistem yang dibangun sesuai dengan request oleh product owner dan membentuk tim developer. Hasil yang diperoleh dari perancangan metode zachman yaitu dari pengujian usability testing didapatkan dari 20 pengguna aplikasi, 16 pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan baik, dan 4 pengguna belum dapat menggunakan aplikasi. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik.

Keywords

E-commerce; metode zachman; metode kanban; aplikasi mobile; pertanian;

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF view : 80 times

Full Text:

PDF

References

Alyahi, A. S., Nugroho, S., & Utomo, D., 2015. Aplikasi Mobile Learning Berbasis Web Service Menggunakan Sistem Operasi Android (Studi Kasus Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer UKSW). Techné: Jurnal Ilmiah Elektroteknika, 14(02), pp. 137-146.

Haerulah, E., & Ismiyatih, S., 2017. Aplikasi E-Commerce Penjualan Souvenir Pernikahan Pada Toko “XYZ”. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 4(1), pp. 43-47.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Susilo, H., 2015. Implementasi e-commerce sebagai media penjualan online (studi kasus pada toko pastbrik kota malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), pp. 1-9.

Assidqi, M., Prasetyo, Y. A., & Adi, T. N., 2015. Pembangunan Aplikasi Web E-commerce Kelompok Tani Katata Dengan Metode Itterative And Incremental. In: Open Library Telkom University, eProceedings of Engineering, 2(2), pp. 5499-5506.

Sulthoni, A., & Achlison, U., 2015. Sistem Informasi E-Commerce pemasaran hasil pertanian desa kluwan berbasis web. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), pp. 42-48.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y., 2017. E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), pp. 131-136.

Farabi, N. A., Sulistiyah, S., & Haryanto, H., 2018. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian Bahan Baku secara Kredit Menggunakan Zachman Framework. Jurnal Akrab Juara, 3(1), pp. 150-156.

Chotimah, S. E., & Handayaningsih, S., 2017. Implementasi Zachman Framework untuk Pemodelan dan Perancangan Sistem E-Commerce pada Sektor Perdagangan IKM. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 13(1), pp. 1-10.

Utama, I. W. K., 2016. Perancangan Sistem Informasi Dengan Zachman Framework Pada Penjualan Furniture Berbasis. In: Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2016). Denpasar – Bali, 27 Agustus 2016.

Repository Mercubuana, 2016. Pengembangan Sistem Apotek Menggunakan Metode Kanban [Online] (Updated 10 Jan 2020) Tersedia di : http://ebook.repo.mercubuana-yogya.ac.id. [Accessed 10 April 2020]

Puar, Z. P., & Siregar, M. T., 2017. Rancangan Sistem Elektronik Kanban untuk Meningkatkan Efektivitas Produksi Just In Time. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 1(1), pp. 71-74.

Susanto, E., & Barus, A., 2016. Analisis Metode Kanban Dan Metode Junbiki Pada Persediaan Part Muffler Di PT. Xyz. Teknoin, 22(7), pp. 482-498.

Salim, A.A., 2018. Pengembangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Menggunakan Content Management System (Cms) Wordpress Pada Startup Hardcraft.id. Skripsi. Open Library: Universitas Telkom.

Kartiko, C., & Boy Hertantyo, G., 2018. Peningkatan Kualitas Aplikasi Pemantau Media Sosial dan Media Daring Menggunakan Metode WebQEM. JNTETI, 7(2), pp. 144-149.

Kartiko, C., 2019. Evaluasi Kualitas Aplikasi Web Pemantau Menggunakan Model Pengujian Perangkat Lunak ISO/IEC 9126. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. JNTETI, 8(1), pp. 16-23.

Dinanty, Y. D., & Batubara, S., 2016. Perancangan Sistem P-Kanban dan C-Kanban Untuk Meminimasi Keterlambatan Material Pada Lini Produksi Perakitan Laundry System Business Unit (LSBU) di PT. Y. Jurnal Teknik Industri, 6(3), pp. 242-251.

Widodo, B., & Suharjito, S., 2017. Pengembangan Blueprint IT dengan Zachman Framework di STP Trisakti. Jurnal Sistem Informasi, 13(1), pp 49-66.

Irawan, B. H., Riady, S. R., & Sofi, K. 2018. Penerapan Absensi Kuliah Berbasis QR Code dengan Modul Raspberry Pi3 Menggunakan Metode Arsitektur Zachman Framework Implementation of Lecture Absence Based on QR Code with Raspberry Pi3 Modul Using Zachman Framework Architecture Method. In: Universitas Muhammadiyah Semarang, Prosiding Seminar Nasional Unimus. Semarang, 27 Oktober 2018, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unimus: Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.