Model Webqual dan PLS Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna Website PMB UMSIDA

Uce Indahyanti, Hamzah Setiawan, Nuril Lutvi Azizah

Abstract

Website Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) merupakan sarana penting untuk meningkatkan pelayanan kepada pemangku kepentingan dan sarana promosi yang efektif, terutama dalam hal penerimaan mahasiswa baru (PMB). Salah satu parameter penting untuk mengukur keberhasilan pelayanan website adalah tingkat kepuasan pengguna.  Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pengguna website PMB UMSIDA menggunakan model Webqual dari dimensi/variabel kualitas informasi, kualitas kegunaan, dan kualitas interaksi layanan. Instrumen penelitian berupa seperangkat angket yang diadaptasi dari model yang dibagikan kepada 100 responden pengguna layanan website. Data hasil kuesioner diolah dan dianalisis menggunakan metode statistik Partial Least Square (PLS). Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa model penelitian secara keseluruhan telah sesuai secara substansial dalam merepresentasikan hasil penelitian, yang ditunjukkan oleh nilai GoF 0.418. Hasil penelitian menunjukkan hanya dimensi kualitas kegunaan yang berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t-statistic 5.075. Indikator pengukurnya antara lain website mudah digunakan, mudah dioperasikan, mudah dinavigasi, mudah dipahami, dan memiliki tampilan menarik. Sedangkan dimensi informasi dan interaksi layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna website.

Keywords

kepuasan pengguna; website; webqual; PLS;

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF view : 1 times

Full Text:

PDF

References

D. Rohman, Fathur; Kurniawan, “Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Webqual,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 31–38, 2017.

A. W. Khurniawan, I. Sailah, P. Muljono, M. Syamsul Maarif, and B. Indriyanto, “Faktor-faktor yang Memengaruhi Efektivitas Sekolah dengan Kemandirian Sekolah sebagai Variabel Intervening menggunakan Pendekatan Partial Least Square,” pp. 969–979, 2020.

S. R. Arifin, “Pengukuran kualitas layanan website Universitas Tadulako menggunakan metode WebQual,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, p. 125, 2018.

P. L. Santiari and I. G. S. Rahayuda, “Analisis Kualitas Website Alumni Stikom Bali Menggunakan Metode Webqual,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 231, 2018.

W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 139, 2018.

F. A. Fitrony and F. Marisa, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada Malang Dorm Hostel,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, 2018.

R. A. Pamungkas, “Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 12, 2019.

A. Masthori, H. A. Nugroho, and R. Ferdiana, “The Use of Modified Webqual Method in Evaluation of Website Service Quality of Local Government (Penggunaan Metode Webqual Modifikasi dalam Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Daerah),” J. Pekommas, vol. 1, no. 1, p. 57, 2016.

R. E. Riyanto and O. S. Bachri, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Webqual 4.0,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 01, pp. 89–97, 2019.

A. Al Baiti, Suprapto, and A. Rachmadi, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 9, p. 887, 2017.

P. Metode, W. Terhadap, A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., pp. 477–484, 2017.

D. Apriliani, M. Fikry, and M. J. Hutajulu, “Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 34–45, 2020.

T. Husain and A. Budiyantara, “Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 164–176, 2018.

E. U. Nikmatus Sholiha and M. Salamah, “Structural Equation Modeling-Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur 2013),” J. Sains Dan Seni ITS, vol. 4, no. 2, pp. 169–174, 2015.

U. Indahyanti and Sukarjadi, “Applying the technology acceptance model to measure the learning management system acceptance by students of Politeknik Sakti Surabaya,” J. Teknol., vol. 72, no. 4, pp. 127–131, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.