Clustering Server Pada Cloud Computing Berbasis Proxmox VE Menggunakan Metode High Availability

Linda Apriliana, Ucuk Darusala Darusalam, Novi Dian Nathasia

Abstract

Layanan dan data teknologi Cloud Computing tersimpan pada server, hal ini menjadikan faktor pentingnya server sebagai pendukung ketersediaan layanan. Semakin banyak pengguna yang mengakses layanan tersebut akan mengakibatkan beban kinerja mesin server menjadi lebih berat dan kurang optimal, karena layanan harus bekerja menyediakan data terus-menerus yang dapat diakses kapanpun oleh penggunanya melalui jaringan terkoneksi. Perangkat keras server memiliki masa performa kinerja. Hal serupa dengan perangkat lunak yang dapat mengalami crash. Dengan fungsi server yang memberikan layanan kepada client, server dituntut untuk memiliki tingkat availability yang tinggi. Hal tersebut memungkinkan mesin server mengalami down. Server juga harus dimatikan untuk keperluan pemeliharaan. Penelitian bertujuan ini membangun Clustering Server yang dapat bekerja bersama yang seolah merupakan sistem tunggal diatas lingkungan virtual. Hal ini merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada penelitian ini penulis menggunakan server virtualisasi proxmox, FreeNAS sebagai server NAS dan DRBD untuk pendukung ketersediaan layanan tinggi dalam lingkup HA, sinkronisasi data dalam High Availability (HA) yang dapat melakukan mirroring sistem kemesin lain. Dengan diterapkannya metode HA dan sinkronasi DRBD serta penggunaan NFS (Network File System) pada sistem cluster didapatkan hasil rata-rata waktu migrasi sebesar 9.7(s) pada node1 menuju node2, 3.7(s) node2 menuju node3, dan 3(s) pada node3 menuju node1. Didaptkan juga waktu downtime yang lebih sedikit yaitu sebesar 0.58 ms pada node1, 0.02 ms pada node2, dan 0.02 ms pada node3.

Full Text:

PDF

References

Yudi Restu Adi, Oki Dwi Nurhayati, Eko Didik Widianto “Perancangan Sistem Cluster Server Untuk Jaminan Ketersediaan Layanan Tinggi Pada Lingkungan Virtual”, JNTETI, Vol. 5, No. 2, Mei 2016.

Irfani, “Implementasi High Availability Server Dengan Teknik Failover Virtual Computer Cluster”, http://eprints.ums.ac.id/35179/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

I Gede Putu Krisna Juliharta, Wayan Supedana, Dandy Pramana Hostiadi, “High Availability Web Server Berbasis Open Source Dengan Teknik Failover Clustering”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-8 Februari 2015.

Muhammad Hafiz Zidni, “Cloud Storage Dengan Implementasi Network Attached Storage Metode Cluster Pada Server Virtual”,

Arief Arfriandi, “Perancangan, Implementasi, Dan Analisis Kinerja Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox, Vmware Esx, Dan Openstack”, JURTEK http://jurtek.akprind.ac.id/sites/default/files/182_192_ARIEF.pdf.

Agni Isador Harsapranata, Ahmad Rais Ruli “Pemanfaatan Open Source Dalam Clustering Untuk Penerapan High Availability Pada Server”, Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST) Maret 2017, pp. 132~136.

Sugeng Purwantoro E.S.G.S, Muhammad Arief Fadhly, “Distributed Replicated Block Device (DRBD) Sebagai Alternatif High Availability Data Replication Pada Cloud Computing”, Jurnal Politeknik Caltex Riau http://jurnal.pcr.ac.id.

A. Kovari, P. Dukan, “KVM & OpenVZ virtualization based IaaS Open Source Cloud Virtualization Platforms: OpenNode, Proxmox VE”, College of Dunaújváros/Institute of Informatics, Dunaújváros, Hungary, http://ieeexplore.ieee.org/document/6339540/.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.