Game Edukasi Berbasis Kinect untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) dengan Metode Finite State Machine

Dhimas Mulia Anugraha, Ina Agustina, Fauziah Fauziah

Abstract

Game merupakan perkembangan dalam teknologi saat ini. Game edukasi merupakan permainan yang dirancang untuk dijadikan sebuah media pembelajaran melalui materi yang berisikan teks,video,audio,gambar dan animasi. Game ini ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang mempunyai karakter khusus dibandingkan dengan anak pada umumnya. Salah satu dari anak berkebutuhan khusus adalah anak autis. Autis merupakan gangguan saraf seseorang. Dalam penyelesaian proses game menggunakan metode finite state machine. Metode finite state machine berfungsi untuk menentukan alur pengguna dalam menjawab suatu pertanyaan yang tampil dalam game. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan game edukasi berbasis kinect untuk anak berkebutuhan khusus autis mengenal benda di dalam rumah serta mengimplementasikan metode finite state machine untuk membantu pengguna mengetahui alur game saat dimainkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan rata-rata jarak ideal kinect dan pengguna dalam memainkan game adalah 2,2 meter. Waktu respon pengguna dalam memilih tombol button dalam game adalah 1,4 detik. Rata-rata FPS terbaik dan terburuk adalah 113,2 fps dan 82,5 fps.
Kata kunci – Autis, Finite State Machine,Game, Kinect

Article Metrics

Abstract view : 429 times
PDF view : 623 times

Full Text:

PDF

References

Abdullah,D.,Reza,B.,Ita,Erliana,C.,”Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machine”.

Haryanto.H., Novianto,S.,Rosyidah,U., “Model Skenario Adaptif Berbasis Finite State Machine Pada Game Pendidikan”.Techno.com,1411-3201,Vol 13, No 2, 91-98, Mei 2014

Rostianingsih, S.,Satia,Budhi G., Kristian Wijaya, H., “Game Simulasi Finite State Machine Untuk Pertanian dan Peternakan”.

Wibowo,djoko.,Noersasoongko,edi.,Wahana,Romi,S.,“Identifikasi Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Penjumlahan Susun Berbasis Finite State Machine”.Teknologi Informasi,ISSN 1414-9999,Vol 8, No 1, 1-11, April 2012

Haryanto,H.,Hariadi,M., “Sistem Reward Imersif berbasis Finite State Machine Pada Game Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar”.Seminar Sistem Informasi Indonesia,Desember 2008.

Fauzan,M.R., Suyatno,A., Maharani,S., “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game”The Relationship” ”.Jurnal Informatika Mulawarman,1411-3201,Vol 11, No 1, 14-22, Februari 2016

Haryanto,H.,”Agen Cerdas Kompetitif Berbasis Finite State Machine Dalam Game Pembelajaran Untuk Anak”.Techno.com,Vol 9,No 2,Mei 2010

Jannah,Aisyah,Rahmatul.,”Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Anak Berbasis Dekstop”.2-7.

Faizal,Ade.,Astuti,Setia.,”Game Edukasi Pengenalan Transaksi Belanja dan Pengenalan Nilai Mata Uang Untuk SDLB-C Widya Bhakti Semarang Dengan Metode FSM”.1-12

Haryanto,H.,”Reward Dinamis dalam Skenario Adaptif Menggunakan Metode Finite State Machine pada Game Edukasi”.Journal of Applied Intelegent System,Vol 1,No 2,144-153,Juni 2016

Bimantoro,T.,Haryanto,H.,”Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan Finite State Machine (FSM) Pada Game Pengenalan Unsur Kimia”Journal of Applied Intelegent System,Vol 1, No 3, 210-219,Oktober 2016

Cancela,J.,Hurtado,O.,Arredondo,Maria,T.,”Proposal of a KinectTM-based System for Gait Assesment and Rehabilition in Parkinson’s Disease”.IEEE.4519-4522.

Morgan,B.,Kehtkar,F.,Graesser,A.,Shaffer,D.,”Automating the Mentor in a Serious Game:A Discourse Analysis Using Finite State Machines”.591-595.

Refbacks