Analisa dan Perancangan Aplikasi Work Order pada Divisi Art and Design Di Museum Angkut

Wardianto Wardianto, Fitri Marisa

Abstract

Adanya teknologi yang terus maju, dapat membantu perusahaan dan memudahkan bagi karyawan perusahaan divisi – divisi yang ada di museum agar lebih mudah menyampaikan pesanan pekerjaan ke bagian divisi Art and Design, dalam hal ini terdapat kendala yaitu adanya pemesanan yang rangkap dan tidak berurutan dalam pemesanan dikarenakan penumpukan nota pemesanan, hal ini mendorong peneliti untuk merancang dan menganalisa dengan tema perancangan aplikasi Works order (perintah kerja) pada divisi Art and Design di museum angkut berbasis mobile. Sehingga membantu pada setiap devisi dalam order pekerjaan ke divisi Art and Design, di dalam sistem juga diterapkan dengan metode Campbell Dudek and Smith (CDS) untuk meningkatkan efisiensi dari perancangan urutan kedatangan job berdasarkan waktu proses pengerjaan dan lama pengerjaan, hasil dari perhitungan yang dilakukan untuk pengurutan job yang paling efisien dari segi waktu untuk mendapatkan waktu yang lebih optimal. Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode CDS, terdapat urutan job dengan total makespan terkecil yaitu sebesar 595, dengan urutan prioritas job 5-2-3-1-4, yang diperoleh dari K1, K2, K3 dengan Total Flow Time 2035 yang lebih optimal.

Keywords

Work Order; Aplikasi Mobile; Museum Angkut; metode CDS;

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF view : 142 times

Full Text:

PDF

References

N. Prasetya, “Sistem Work Order Karyawan di PT. Phapros Semarang Dengan Menggunakan PHP dan MYSQL,” Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, p. 3, 2009.

N. W. Wissmani dan N. M. Karmiati, “Pemodelan Work Order Management System Perbaikan Alat dalam Layanan Purna Jual Berbasis Bussiness To Customer,” Jurnal Logic, vol. 13, p. 37, 2013.

R. Helmi dan M. Aritonang, “Perbandingan Metode Campbell Dudek And Smith (CDS) dan Palmer dalam Meminimasi Total Waktu Penyelesaian,” Buletin Ilmiah Math.Stat. dan Terapannya (Bimaster), vol. 04, pp. 181- 190, 2015.

W. H. J. dan A. Prima, “Pengembangan Sistem Informasi Produksi Pada Nikko Bakery,” JSM STMIK Mikroski, vol. 16, p. 167, oktober 2015.

H. Hendro dan M., “Penjadwalan Produksi Tegal Keramik Untuk Meminimasi Makespan dengan Menggunakan Metode Algoritma Heuristic Pour dan Algoritma Nawas, Enscore And Ham (NEH),” Jurnal Teknologi Dan Manjeman, p. 147, Agustus 2014.

H. Tannady, “Solusi Urutan Pengerjaan Job Yang Tepat dengan Metode Campbell-Dudek-Smith (CDS),” J@TI Undip, vol. X, p. 52, Januari 2015.

F. Sonata, “Sistem Penjadwalan Mesin Produksi Menggunakan Algoritma Johnson Cambell,” Jurnal Buana Informatika, vol. 6, pp. 173-182, 2015.

M. Hidayat, R. Ekawati dan P. F. Ferdinant, “Minimasi Makespan Penjadwalan Flowshop Menggunakan Metode Algoritma Campbell Dudek Smith (CDS) dan Metode Algoritma Nawaz Enscore Ham (NEH),” dalam Jurusan Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang.

Y. Christianta dan T. Sunarni, Usulan Penjadwalan Produksi dengan Metode Campbell Dudek And Smith (Studi kasus pada PT PAN Panel Palembang), Semarang: Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terapan, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.