Implementasi Virtual Reality Pada Tur Virtual Monumen Nasional Menggunakan Unity 3D Algoritma Greedy Berbasis Android

Ilham Rizaldy, Ina Agustina, Fauziah Fauziah

Abstract

Museum merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati. Setiap daya tarik museum akan sejarah tentu memiliki berbagai objek yang tersebar di kawasan wisata, sehingga pariwisata berkewajiban memberikan informasi mengenai tentang lokasi Museum Monumen Nasional, dan proses manual masih kurang interaktif sehingga memberikan kesempatan untuk membuat aplikasi virtual tours 3D pada smartphone berbasis android, yang bisa membantu memberikan informasi seperti peta pada turis. Situs dan atraksi yang ada dikawasan wisata dengan tampilan virtual 3D. Model 3D dari setiap lokasi wisata turis yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender 3D Modeling, tampil dalam aplikasi yang dibuat dengan Unity 3D Engine. Proses Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) prototyping model yang merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetahui sejarah dan bangunan di Museum Monumen Nasional, dan wisatawan dapat menjelajahi virtual 3D dengan menggunakan smartphone berbasis android.

Keywords

Monumen Nasional;Turis Virtual;Android;Virtual Reality;Unity;

Full Text:

PDF

References

N. Hnoohom, “Virtual reality-based smartphone application for animal exposure,” pp. 0–5, 2017.

D. Huxpxuwl et al., “0l[hg 5hdolw lq 7kh ‟ 9luwxdo 5rrp $uudqjhphqw,” pp. 303–306, 2017.

Y. Nassen, “3D modelling based on virtual reality,” pp. 399–402, 2016.

M. C. Moreira and M. A. B. Rodrigues, “Development of mobile virtual application to increase consciousness and relaxation of the pelvic floor muscles,” pp. 4–5, 2017.

W. Zheng, L. Feng, B. Liu, P. Fu, and J. Qiao, “Development of Virtual Laboratory Application Structure in Android Cellphone for Distance Learning.”

C. De, N. Aguirre, and A. Aim, “Augmented Reality applied in Tourism Mobile Applications,” pp. 120–125.

F. J. R. R, C. Science, D. M. I. College, and A. A. Reality, “Word Recognition Incorporating Augmented Reality For Linguistic E-Conversion,” pp. 2106–2109, 2016.

I. Prazina, V. Okanovic, K. Balic, and S. Rizvic, “Usage of Android device in interaction with 3D virtual objects,” pp. 244–246, 2017.

E. Patti et al., “Information Modeling for Virtual and Augmented Reality,” no. June, 2017.

I. E. Nugraha and T. W. Sen, “Assembly Instruction With Augmented Reality On Android Application „Assembly With AR,‟” pp. 32–37, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.