Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada kegiatan penelitian terapan dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Lingkup artikel yang dipublikasikan pada jurnal ini meliputi:
- pelatihan,
- pemasaran,
- keamanan pangan lokal,
- teknologi tepat guna,
- pemberdayaan masyarakat,
- akses sosial daerah perbatasan atau daerah kurang berkembang,
- pendidikan SDM dan daya saing bangsa,
- pengentasan kemiskinan berdasarkan sumber daya lokal,
- pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir dengan kearifan lokal,
- pembangunan dan pengembangan ekonomi, kewirausahaan,
- koperasi,
- industri kreatif bidang pendidikan,
- peternakan,
- perikanan,
- kesehatan masyarakat,
- UMKM,
- pengembangan teknologi berwawasan lingkungan,
- penyuluhan dan sosialisasi bidang hukum.


 

Section Policies

Cover, Redaktur, Daftar Isi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan direview oleh dewan penyunting dengan waktu maksimal 2 minggu untuk ditelaah, untuk selanjutnya diproses sesuai arahan dewan penyunting.

Artikel penelitian akan di-review dengan peer review secara single blind review oleh sekurang-kurangnya satu orang reviewer/mitra bestari. Reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan begitupun sebaliknya. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi. Artikel yang telah selesai direview dan telah dinyatakan diterima, apabila penulis telah submit artikel yang telah direvisi , maka artikel tersebut segera di upload untuk menjadi bagian isi jurnal ini.

 

Publication Frequency

Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan APRIL dan OKTOBER. Karena banyaknya permintaan dan artikel yang masuk, mulai tahun 2022 Jurnal ini menerbitkan 20-25 artikel untuk setiap edisi.



 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Article Processing Fee

Naskah dikirim melalui sistem OJS atau dapat dikirim dalam bentuk soft copy ke alamat email: jurnal_soliditas@widyagama.ac.id

Penulis yang artikelnya dimuat dan dipublikasikan di Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS ada biaya sebesar Rp 300.000. Biaya ini digunakan untuk cek plagiasi, review, editing, dan publikasi.

 

 

Publication Ethics

Pernyataan etika publikasi ilmiah ini disusun berdasarkan COPE, yang merupakan pernyataan etik publikasi yang berlaku bagi semua pihak yang terlibat yaitu editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika publikasi ilmiah menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (1) Kenetralan, bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (2) Keadilan, yaitu memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (3) Kejujuran, yaitu bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi dan plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS bertanggungjawab menerbitkan naskah  setelah melalui proses telaah, edit, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan jurnal ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan mitra bestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS bertanggungjawab memutuskan naskah  yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor dengan mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah tanpa membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor  Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggung Jawab Mitra Bestari

Mitra bestari Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS membantu editor membuat keputusan terhadap naskah yang masuk

  1. Mitra bestari Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS bertanggungjawab pada rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  2. Telaah  naskah dilakukan secara obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Mitra bestari Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya.
  4. Mitra bestari Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.

 

Screening for Plagiarism

Naskah atau artikel yang telah dikirim ke jurnal ini akan dilakukan pemeriksaan plagiasi menggunakan aplikasi yang telah biasa digunakan yaitu Tunitin. Maksimum kesamaan yang telah ditentukan sebesar 25%.

 

Copyright Notice

Proposed Policy for Journals That Offer Open Access

Authors who publish with this journal agree to the following terms:
  • Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).