Pembuatan Papan Nama Jalan Untuk RT 05 RW 16 Desa Ngenep, Kec. Karangploso, Kab. Malang

Nurhadi -, Fathur Rohman, Sugeng Hadi, Asrori -

Abstract

Papan Nama Jalan/Wilayah sangat penting untuk menunjukkan alamat di suatu wilayah, sebagai papan informasi penunjukan alamat rumah warga, nama jalan, dan sebagai identitas sebuah wilayah tempat tinggal. Tidak adanya Papan Nama Jalan di lingkungan RT 05 RW 16 Desa Ngenep menyebabkan sulitnya menemukan alamat tertentu. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mendesain, membuat dan memasang Papan Nama Jalan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Kegiatan dilaksanakan di RT 05 RW 16 Perumahan Tirtasani cluster Park Royal, mulai tanggal 04 Maret sampai 30 Oktober 2020. Metode PkM yaitu mendesain, membuat dan memasang Papan Nama Jalan.  Konstruksi Papan Nama Jalan terdiri dari tiang, papan nama dan tulisan. Tiang didesain terbuat dari besi profil kotak 3x3 cm setinggi 1,5 meter. Papan nama didesain berukuran p x l x tebal = 30 x 20 cm x 1,2 mm, terbuat dari besi plat, sedangkan tulisan didesain dengan software komputer dan dibuat dengan metode cutting sticker. Tiang besi dan landasan papan plat dilas menjadi satu bagian menyerupai huruf T. Pengerjaan Papan Nama Jalan meliputi pemotongan, pengelasan, penggerindaan, pengeboran, dan pengecatan besi dan pelat. Tulisan Papan Nama Jalan terdiri dari nama blok dengan huruf kapital berukuran besar pada bagian atas, diikuti nomer rumah berupa huruf kapital berukuran lebih kecil pada bagian bawahnya Kedua jenis huruf tersebut dipisahkan dengan garis horizontal. Tulisan cutting sticker selanjutnya direkatkan pada plat papan nama yang telah dicat. Plat papan nama jalan dirakit pada tiangnya menggunakan mur baut. Papan nama jalan selanjutnya dipasang di setiap depan gang/jalan di wilayah RT 05 RW 16, ditanam sedalam 30-50 cm dan dicor semen. Hasil PkM menunjukkan bahwa pembuatan papan nama jalan sangat bermanfaat bagiwarga RT 05 RW 16 Desa Ngenep, dimana warga merasa puas karena memiliki infrastruktur lingkungan yang baik dan lebih mudah untuk menemukan alamat di wilayah tersebut.

Keywords

pembuatan, papan nama jalan, Ngenep, Karangploso

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF view : 3 times

Full Text:

PDF

References

Anonim, (2020a) ‘Definisi RT dan RW’, (Online), https://rw4padangsari.wordpress.com/tentang-rt-rw/ Diakses pada tanggal 30 juni 2020, pp. 1-2.

Anonim, (2020b) ‘Produk Tiang Papan Nama Jalan’, (Online), https://zwillinglampu.com/produk/tiang-papan-nama-jalan-tempat/ Diakses pada tanggal 5 Januari 2020, pp. 1-3.

Anonim, (2020c) ‘Fungsi Dan Tips Membuat Plang Nama Jalan’, (Online) https://sinergimedia.co.id/plang-nama-jalan/ Diakses pada tanggal 5 Januari 2020, pp. 1-4.

Anonim, (2020d) ‘Perbedaan Arti Perumahan Residence dan Cluster’, (Online), https://www.riaume.com/perbedaan-arti-perumahan-residence-dan-cluster.html/Diakses pada tanggal 30 Juni 2020, pp. 1-2.

Islamia, Nur, (2019) ‘Pengembangan Ipteks dalam Al-Quran’, Pendidikan Luar Sekolah, STKIP Muhammadiyah Enrekang, pp. 1-37.

Asyraaf, (2010) ‘Pengertian Desain’, (Online), https://www.google.co.id, peta situasi, diakses pada tanggal 6 Maret 2018, pp. 1.

Sachari, Agus (2005) ‘Metodologi Penelitian Budaya Rupa, Jakarta, Erlangga, dalam Chara, Susanti, (tanpa tahun) ‘Metodologi Desain’, Untar. pp.1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.