Sistem Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Raya Dengan Metode Fuzzy Berbasis Web

Elys Sugiharto, Istiadi -, Indra Dharma Wijaya

Abstract

Wisatawan yang ingin berwisata ke Malang Raya seringkali merasa bingung dalam memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata yang cocok bagi mereka. Selain itu, tidak terdapat sarana informasi yang dapat diakses sehingga wisatawan kesulitan dalam mencari informasi terupdate mengenai wisata di Malang Raya. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah sistem rekomendasi tempat wisata di Malang Raya menggunakan Fuzzy Sugeno berbasis web. Metode Fuzzy Sugeno merupakan proses pengambilan keputusan perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif dan penilaian lebih tepat karena didasarkan pada toleransi terhadap data-data yang tidak tepat. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan basis data MySQL. Parameter yang digunakan pada proses fuzzifikasi adalah fasilitas dengan 6 fungsi keanggotaan, yaitu: toilet (T), makanan (A), mushola (U), oleh-oleh (O), taman hiburan (H) dan spot foto (S). Output fuzzy yang dihasilkan berupa rating bintang 1 sampai dengan bintang 5. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah user testing dengan melibatkan 5 responden. Berdasarkan hasil pengujian, sistem rekomendasi tempat wisata di Malang Raya dapat diterima oleh user dan sudah sesuai dengan kebutuhan user yang dibuktikan dengan perolehan persentase pada pilihan Sangat Setuju (SS) sebesar 60%.

Keywords

sistem rekomendasi, tempat wisata, fuzzy sugeno, user testing

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF view : 2 times

Full Text:

PDF

References

BPS (2019). "Jumlah Wisatawan Domestik di Kota Malang (Orang), 2017-2019." Jumlah Wisatawan Domestik di Kota Malang (Orang), 2017-2019. Retrieved 09 October, 2020, from https://malangkota.bps.go.id/indicator/16/157/1/jumlah-wisatawan-domestik-di-kota-malang.html.

Busthomy, A. and R. H. Sultoni (2016). "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN PASURUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY." JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1(2).

detikTravel (,2019). "Ini Kunci Keberhasilan Peningkatan Pariwisata di Malang Raya." Ini Kunci Keberhasilan Peningkatan Pariwisata di Malang Raya. Retrieved 08 October 2020, from https://travel.detik.com/travel-news/d-4620310/ini-kunci-keberhasilan-peningkatan-pariwisata-di-malang-raya.

Firmansyah, M. D., et al. (2017). "Sistem Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Malang Menggunakan Metode Hybrid Fuzzy-Floyd Warshall." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN 2548: 964X.

Kodyat, H. (1983). Definisi Pariwisata.[online:]. Tersedia: Budianto.

Kusumadewi, S. and H. Purnomo (2010). "Aplikasi Logika Fuzzy untuk pendukung keputusan." Yogyakarta: Graha Ilmu: 33-34.

McCarthy, K., et al. (2006). Cats: A synchronous approach to collaborative group recommendation. Florida Artificial Intelligence Research Society Conference (FLAIRS).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.