Dryer Segel Botol Plastik Untuk Peningkatan Kwalitas Kemasan Botol Vitamin Unggas Di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan

Soeparno Djiwo, Gerald A. Pohan, Djoko H. Praswanto

Abstract

Pada sistem penjualan sebuah produk, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi perhatian konsumen yaitu kemasan / packaging. Kemasan mempunyai efek yang signifikan terhadap hasil penjualan. Hal ini dikarenakan desain kemasan yang digunakan pada sebuah produk dapat menunjukkan bahwa produk tersebut benar-benar mempunyai kwalitas. Meskipun produk yang dijual tersebut belum terkenal di masyarakat, hal pertama yang dilihat untuk memastikan produk tersebut kwalitas terjamin dilihat dari desain kemasan yang digunakan. Pada jaman milenial sekarang ini, model kemasan bermacam – macam. UKM – UKM yang muncul ditengah masyarakat mulai memperbaiki kemasan untuk meningkatkan harga jual produknya. Salah satunya UKM di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, UKM yang bergerak dibidang vitamin unggas ini mulai mementingkan model kemasan yang digunakan. Pada UKM tersebut untuk mengemas produknya agar menarik peternak, menggunakan kemasan botol. Hal ini dikarenakan kemasan botol dapat menjaga produknya dari faktor-faktor lain yang dapat merusak kwalitas produk. Untuk menjamin keaslian produk, digunakan segel plastik pada botol tersebut. Dalam proses pembuatan segel menggunakan dryer yang didesain sesuai model botol agar dapat menghasilkan segel botol yang maksimal sehingga menraik untuk dilihat oleh konsumen. Dari hasil yang didapat dengan menggunakan dryer segel botol ini, kemasan botol vitamin terlihat rapi dan menarik serta dapat meningkatkan permintaan konsumen 50% dari sebelumnya.

Keywords

Sistem Penjualan, Kemasan, Botol, Dryer, Segel.

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF view : 103 times

Full Text:

PDF

References

Abdalkarim, Gaafar Mohamed & Ra’id Suleman Al-Hrezat. (2013). The Role of Packaging in Consumer’s Perception of Product Quality at the Point of Purchase.

Banerjee, Sonali & Sunetra Saha. (2012). Impulse Buying Behavior in Retail Stores – Triggering the Sense.Asia Pacific Journal of Marketing and Management Review, Vol. 1

no. 2, ISSN 2319-2836.

Christy P., Ellyawati J. 2015. Jurnal UAJY Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) Pada Impulsive Buying.

Dhameria, Vita. 2014. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. XIII, No. 1. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif.

Hutagalung, F. D., 2010. Perbaikan Fasilitas Kerja Pada Proses Penjalinan Untuk Meningkatkan Produktivitas di UD. Pusaka Bakti. Dari http://www. repository.usu.ac.id

Kotler,P., &Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing Edisi 14, Global Edition.Pearson Prentice Hall.

Kotler,P.,&Keller,K.L. (2012).Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson Prentice Hall.

Napitupulu R. Dkk,Rancang Bangun Mesin. Jornal Manutech. Bangka Belitung.

Natadjaja, L., Cahyono, Yohanes B., Yuwono, Elisabeth C. 2017. Jurnal Manajemen Bisnis UK Vol. 12 No. 1 Petra. Kondisi Desain Kemasan Produk Makanan Ringan Dan Minuman Instant Pada Industri Kecil Skala Rumah Tangga (Micro Industry) Di Kabupaten Kediri.

Santoso, Krestiawan Wibowo dkk. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang. Universitas Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal 1-10. http://ejournal-s1/undip.ac.id/index. php/ diakses 30 September 2018.

Sularso, Kiyokatsu Suga, 1997, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin, Jakarta, Pradnya Paramita.

Susetyarsi,Th. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang Vol 4 No.3. Jurnal STIE Semarang. Hal 19-28. ISSN :2252-7826.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.