ANALISIS PENGARUH GANGGUAN HEAT TRANSFER KONDENSOR TERHADAP PERFORMANSI AIR CONDITIONING

Puji Saksono

Abstract

Kondensor merupakan alat penukar kalor pada sistim refrigerasi yang berfungsi untuk melepaskan kalor ke lingkungan. Bagian kondensor biasanya dilengkapi kipas untuk meniup udara yang melewati celah alat penukar kalor.

Koefisien prestasi yang tinggi sangat diharapkan dalam daur refrigerasi kompresi uap. Dalam penelitian ini dirakit satu unit uji sistim refrigerasi berupa seperangkat AC window yang meliputi kompresor, kondensor, evaporator, pipa kapiler, air dryer, dan refrigeran yang dipergunakan adalah R-22. Bagian kondensor dipasang kipas angin yang yang bisa diatur putarannya dengan menggunakan alat pengontrol putaran. Kecepatan udara yang dari fan akan diukur dengan anemometer.

Dalam penelitian ini akan diperoleh data tekanan, temperatur, dan laju aliran massa refrigeran dengan variasi putaran kipas kondensor terhadap kecepatan udara pendingin. Variasi kecepatan udara pendingin antara 1,6 – 3,5 m/s yang dihasilkan dari putaran kipas 600 – 1200 rpm. Hasil penelitian menunjukkan semakin cepat putaran kipas semakin besar laju aliran udara untuk mendinginkan kondensor sehingga koefisien prestasi (COP) semakin meningkat.

Kata kunci: Putaran fan, laju aliran, efek refrigerasi, COP.

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF view : 247 times

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.