PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM KERUPUK SINGKONG DI DUSUN SEKARPUTIH DESA PENDEM KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Khojanah Hasan, Ana Sopanah Supriyadi, Dwi Anggarani, Adya Hermawati, Ahmad Fairuzabadi

Abstract


Kerupuk singkong merupakan salah satu camilan olahan singkong yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan camilan singkong lainnya. Camilan ini cukup diminati oleh masyarakat yang tersebar di beberapa kota. Hal ini menunjukkan bahwa kerupuk singkong memiliki potensi untuk menjadi salah satu camilan yang layak dikenal lebih luas lagi. Nusantara Putra adalah salah satu usaha mikro kecil menengah yang telah memproduksi kerupuk singkong cukup lama, yang berada di dusun Sekarputih Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. Namun selama ini, konsumen UMKM ini memiliki perkembangan yang stagnan atau kurang signifikan. Pelanggan kerupuk singkong Nusantara putra terbatas pada pelanggan tetap yang telah berlangganan lama. Hal ini disebabkan oleh kurang masifnya  gaung publikasi dan promosi produk ini di kalangan masyarakat. Dengan perkembangan adanya teknologi informasi terkini, seharusnya memudahkan siapa saja untuk mengenalkan produk yang dimiliki kepada pasar yang lebih luas tanpa terbatasi oleh tempat dan waktu. Maka perlu dilakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai pentingnya   metode pemasaran digital dan dampaknya terhadap cakupan pasar yang dijaring. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan sosialisasi langsung kepada para pengelola usaha tentang urgensi pemasaran digital dan bagaimana cara memulainya.

Full Text:

PDF

References


Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ikhsana, P. D., Prisanto, G. F., & Anggraini, R. (2019). “Penerapan Strategi E-Marketing Communication Dan Ekuitas Merek Siaranku.Com Terhadap Loyalitas Viewers.” Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 58. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.217& Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Admin. (2021). Data Perkembangan Digital di Indonesia Tahun 2021. Tersedia pada : https://www.iimers.com/data-perkembangan-digital-di-indonesia-tahun-2021/ 17 Agustus 2023

Rakyat, M. P., & Indonesia, R. (1998). Majelis permusyawaratan rakyat republik indonesia. 91–98.

Indonesia, P. R. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 (Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Diterbitkan oleh:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Widyagama Malang
Jl. Borobudur 35 Malang
email : lppm@widyagama.ac.id
This work is Under licensed

Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)