Analisis Pengaruh Heat treatment dengan Media Air dan Oli Terhadap Struktur Mikro (Metalography) Bahan Piston dan Dinding Silinder (Cylinder liner) pada Motor Bakar

Muchamad Nofik, Muhammad Agus Sahbana, Naif Fuhaid

Abstract

Pada saat ini motor bakar mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena hampir setiap orang menikmati manfaat yang dihasilkan oleh motor bakar, baik sebagai alat transportasi, alat pertanian, alat industri, dan sebagainya. Daya tahan mesin atau berapa lama dapat bekerja dipengaruhi beberapa faktor yaitu komponen-komponen seperti piston dan dinding silinder karena bagian ini merupakan pusat penghasil tenaga yang akan digunakan untuk bergerak, kalau dalam makhluk hidup kedua komponen di atas ibarat jantung. Dalam penelitian ini akan dilihat seberapa jauh heat treatment pada piston dan dinding silinder untuk menghasilkan daya tahan yang maksimal.

Heat treatment menggunakan media air dan oli dengan variabel terikat pengamatan struktur mikro dan variabel bebas adalah  media heat treatment, waktu holding, dan temperatur. Alat uji yang digunakan adalah Microscope dengan bahan berupa 3 buah piston motor bebek, 3 buah cylinder liner motor bebek, media oli, air, dan pemanasnya.

Dari pengamatan struktur mikro dan rata-rata analisa pada heat treatmentpiston didapat kadar tertinggi untuk pearlite adalah pada heat treatment oli yaitu 42,2%, sedangkan untuk ferrit pada heat treatment tanpa perlakuan yaitu 32,3% dan kadar graphit yang tertinggi adalah pada heat treatment air yaitu 43,4%. Sedangkan cylinder liner didapat kadar tertinggi untuk pearlite adalah pada heat treatment tanpa perlakuan yaitu 46,5%, sedangkan untuk ferrit pada heat treatment air yaitu 31,2% dan kadar graphit yang tertinggi adalah pada heat treatment oli yaitu 41,6%.

 

Kata kunci : piston, dinding silinder , perlakuan panas, mikroskop

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF view : 255 times

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.