PERANCANGAN APLIKASI PERBANDINGAN BIAYA ENERGI PADA INDUSTRI BERBASIS NETBEANS

Andri Swasono, Fachrudin Hunaini, Dedi Usman Effendy

Abstract

Upaya untuk menekan pemborosan energi listrik sudah banyak di lakukan sejak lama, hal ini merupakan dampak dari krisis energy yang sangat berpengaruh pada dunia perindustrian, baik itu jasa maupun barang. Comparation cost energy adalah program aplikasi yang dibuat menggunakan sofwtware NeatBeans untuk membantu melakukan perhitungan cost energy listrik berdasarkan harga listrik Rp/kWh dengan membandingkan harga energi listrik dari sumber yang berbeda. Comparation cost energy ini akan menghasilkan selisih harga dari harga energy listrik 1 dan harga energy listrik 2 yang bisa disebut dengan energy saving. dimana dari perbedaan itu dapat dilakukan improvement untuk menurunkan biaya produksi,dan rekomendasi  cost investment sehingga dapat di ketahui energy saving, pay back periode dan Return On Investment. Pengunaan sistem ini dapat diaplikasikan pada industri-industri, Rumah Sakit atau Data Center dimana terdapat dua sumber energi listrik yang berbeda, dan dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran mahasiswa sebagai modul audit energi.

Full Text:

PDF

References

Sjamsjul Anam, Adi Soeprijanto,Rahmadoni, Pengembangan Paket Aplikasi Audit Energi pada Gedung dan Industri Berbasis Delphi, Jurusan Tekhnik Elektro-FTI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, April 2011.

Bambang Winardi, Analisis Konsumsi Bahan Bakar pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2009.

David Partogi Butar-Butar,M.Natsir Amin, Surya Tarmizi Kasim, Analisis Biaya Produksi Listrik Per kWh Menggunakan Bahan Bakar Biogas Limbah Cair Kelapa Sawit, Teknik Energi Listrik, Teknik Elektro, Universitas Sumatra Utara, Juli 2013.

Sulistyowati, Audit Energi untuk efisiensi pemakaian energy listrik, Jurnal ELTEK April 212.

Budi Agung Raharjo, Ir.Unggul Wibawa, M.Sc, Hadi Suyono,SST.,MT.,Ph.D, Studi Analisis dan Konsumsi Penghematan Energi di PT.P.G Krebet Baru 1, mahasiswa Teknik Elektro , Dosen Teknik Elektro, Universitas Brawijaya.

Agus Sugiono, BPPT - Outlook Energi Indonesia 2014, Jakarta.

Jero Wacik ,Peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Tentang Manajemen Energi, Nomer 14 Tahun 2012

Hasbullah, M.T, Electrical Engineering Departement Energy Conversion System, FPTK UPI 2009.

Sudirman Said, Tarif Tenaga Listrik yang di sediakan oleh perusahaan Perseroan (PERSERO) PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA” Peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomer 31 Tahun 2014”.

Departemen Pertambangan dan Energi, Perusahaan Umum Listrik Negara”SPLN NO 80: 1989” , Jakarta 1989.

Presiden Republik Indonesia” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomer 70 Tahun 2009” Tentang Konservasi Energi, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.