PENGATURAN REGULATOR AUTOTRAFO 3 FASA BERBASIS PLC ZELIO MINI

Bony M. Farid, Mohamad Mukhsin, Faqih Rofii

Abstract

Suatu sistem tenaga listrik dikatakan memiliki keandalan yang tinggi apabila sistem tersebut mampu menyediakan pasokan energi listrik yang dibutuhkan oleh konsumen secara kontinyu dan tegangan yang stabil. Autotrafo variabel (variac) memiliki fungsi untuk menstabilkan tegangan sehingga tegangan keluaran tetap stabil meskipun terjadi gangguan. Sensor Arus (WCS 1800) juga digunakan sebagai pengaman beban, hasil pembacaan dari sensor arus berpengaruh pada PLC zelio untuk mematikan kontaktor. Respon yang dihasilkan dari alat ini ketika kondisi sistem online dari set point tegangan 380 volt(+ 1.3 %) pada program FBD yang dibuat, tegangan input yang kurang atau lebih dari 380 volt sampai kembali ke set point variable tegangan 380 volt ketika tidak berbeban yaitu pada saat under voltage adalah + 0.40 sekon dengan persen error adalah  + 0.20 %  dan pada saat over voltage adalah + 0.53 sekon dengan persen error adalah + 0.15 %. Serta ketika berbeban yaitu pada saat under voltage adalah + 0.44 sekon dengan persen error adalah + 0.20 % dan pada saat over voltage adalah + 0.55 sekon dengan persen error adalah + 0.20 %.

Full Text:

PDF

References

Al Haqim, M.Abdul Aziz, Pengaturan Tegangan Pada Autotrafo 3 Phasa Berbasis Mikrokontroler (Software), jurusan teknik elektro industri PENS-ITS, 2011.

Triarsunu, Nurandy, Pengaturan Tegangan Pada Autotrafo 3 Phasa Berbasis Mikrokontroler (Hardware), jurusan teknik elektro industri PENS-ITS, 2011.

Prasetyo, Didik, Perancangan Proteksi Under Voltage Dan Over Voltage Pada Motor Induksi 3 Fasa Berbasis Mikrokontroler ATMEGA32, jurusan teknik elektro PENS-ITS, 2009.

Makalah Word Document berjudul Modul Praktikum Pengenalan Pengaturan Stabilisator Tegangan AC, laboratorium Perangkat Keras STMIK Akakom Yogyakarta.

Muztaqim, Pengetesan Rugi-Rugi Transformator 3 Phase berbasis IBM PC, jurusan teknik elektro industri PENS-ITS, 2007.

Darmadi, Budiyanto dan Prayitno, Agung, Aplikasi PLC Schneider Pada Mesin Pengepakan Telur, jurusan teknik elektro Universitas Surabaya, 2013.

LP, Bambang, Pembuatan Roda Gigi Reduksi Pemutar Variak Sistem Tegangan Tinggi MBE Industri Latek, Jurnal Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan-BATAN, Babarsari Yogyakarta, 27 Juli 2011.

Zamroni, Muhammad, Kendali Motor DC Sebagai Penggerak Mekanik Pada Bracket LCD Proyektor Dan Layar Dinding Berbasis Mikrokontroller AT89S51, jurusan D3 teknik elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.

M. Nur Putra, Andi, Studi Analisa Kestabilan Tegangan Sistem 150 KV Berdasarkan Perubahan Tegangan (Aplikasi PT. PLN Batam), jurusan teknik elektro Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Padang.

Nur Widiastuti, Avrin, Studi Kestabilan Tegangan Jaringan IEEE 9 Bus Menggunakan Indeks Kestabilan Tegangan, jurusan teknik elektro Fakultas Teknik UGM Yogyakarta, Indonesia, 14 – 15 November 2013.

Prasetyo, Harry, Rancang Bangun Monitoring Tegangan, Arus, Dan Power Faktor Menggunakan Gelombang Radio Serta Perbaikan Power Faktor Untuk Beban Dinamik Pada Rumah Tangga, jurusan teknik elektro industri PENS – ITS, 2008.

Susi Putra, Alex, Rancang Bangun Sistem Proteksi Motor Induksi Tiga Phasa Terhadap Gangguan Arus Lebih Dan Suhu, jurusan teknik elektro Fakultas Teknik Universitas Pakuan, 2013.

Makalah PDF berjudul Modul Praktikum PLC (Zelio) Fix 1, laboratorium teknik Elektro Universitas Islam Kadiri – Kediri.

Wiria Nugraha, Deny, Sistem Pengaturan Mesin Pemotong Kentang Berbasis Programmable Logic Controller, jurusan teknik elektro Fakultas Teknik Universitas Tadulako Palu, jurnal SMARTek, Vol. 8 No. 4, Nopember 2010: 270 – 279.

Budi Hartono, Nanang, Pengaturan Posisi Motor Servo DC Dengan Metode P, PI, Dan PID, jurusan teknik elektronika PENS – ITS.

Pradigta, Lucky, Motor induksi 3 phase terhadap gangguan unbalance voltage dan overload, jurusan teknik elektro industri PENS – ITS, 2008.

Ridwan, Ahmad, Rancang Bangun Sistem Proteksi Motor Induksi Tiga Phasa Terhadap Gangguan Arus Berbasis Mikrokontroller, jurusan teknik elektro industri PENS-ITS, 2014.

Datasheet of Zelio SR3B261BD. Digiware.

Nur Harijadi, Indra, Pembuatan Sistem Pengemudian Otomatis Pada Kendaraan Beroda Dengan Model Pembelajaran Offline, jurusan teknik elektronika PENS-ITS.

Datasheet of Current Sensor WCS1800. Winson.

Nurcahyo, Adi, Sinkronisasi Dan Pengamanan Modul Generator Lab-TST Berbasis PLC (Software), jurusan teknik elektro PENS-ITS, 2008.

Datasheet of EMS 2A DUAL H-BRIDGE. Digiware.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.