SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN MESIN TRUCK DUTRO DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

Muhamad Nizar, Fitri Marisa, Indra Dharma Wijaya

Abstract

Pada bidang trasportasi khususnya truk Dutro yang saat ini semakin banyak di minati banyak user atau customer truk yang masih sangat awam mengenai pengetahuan kendaraan, sehingga mereka sering mengeluhkan tentang unit mereka saat mengalami kerusakan, dikarenakan kurangnya pengetahuan berakibat terjadi kesalahan perbaikan yang tidak sesuai dengan  kerusakan, sehingga user harus mengeluarkan biaya yang lebih karena kesalahan pada analisa kerusakan. Permasalahan pengambilan keputusan dapat menjadi kompleks karena adanya beberapa tujuan maupun kriteria. Aplikasi ini di bangun menggunakan Bahasa pemprogaman Php untuk medesain tampilan dan untuk perhitungan analisa mengguanakan metode Certainty factor, dari aplikasi ini pengguna dapat memilih gejala yang dialamai agar aplikasi dapat melakukan proses pencarian dan perhitungan sesuai gejala yang di timbulkan sehingga dapat memberikan kesimpulan keruskan dan solusi untuk melakukan perbaikan unit truck dutro mereka.

Full Text:

PDF

References

S. Kusrini, “Kom. Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi,” Penerbit Andi Yogyak., 2006.

N. Irwan, “Aplikasi sistem pakar identifikasi penyakit pada tanaman padi menggunakan metode certainty factor,” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016.

H. E. Hutagaol, “PEMBANGUNAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT SAPI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB,” PhD Thesis, UAJY, 2015.

S. Kusumadewi, “Artificial intelligence (teknik dan aplikasinya),” Yogyak. Graha Ilmu, vol. 278, 2003.

H. Hamdani, H. Haviluddin, and M. S. Abdillah, “Sistem pendukung keputusan pembelian notebook menggunakan logika fuzzy tahani,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, pp. 98–104, 2016.

H. T. Sukaman, “Sistem pakar identifikasi bentuk keris jawa dengan metode CF (Certainty Factor),” 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.