PROTOTYPE SISTEM PEMBELIAN BAHAN BAKAR MINYAK MENGGUNAKAN RFID

Yudith Fajar Alfian, Muhamad Mukhsin, Anis Qustoniah

Abstract

Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi identifikasi berbasis gelombang radio. Teknologi ini mampu mengidentifikasi secara simultan tanpa diperlukan kontak langsung. Teknologi RFID ini dikembangkan sebagai pengganti atau penerus teknologi barcode. Dari sinilah muncul pemikiran untuk dibuat suatu inovasi sistem yang dapat secara mandiri dan otomatis, yaitu sistem pembelian bahan bakar menggunakan RFID sebagai alat transaksi pembayaran. Sistem kerja alat ini adalah pembelian memakai sistem RFID. Cukup mendekatkan RFID tag pada RFID reader yang terdapat pada SPBU. Jika sudah mendaftar akan muncul saldo, namun jika belum maka harus mendaftar dulu di counter Top Up. Jika dalam pembelian bahan bakar minyak melebihi saldo yang ada, maka aliran bahan bakar akan otomatis berhenti sesuai jumlah isi saldo. Sistem ini berbeda dengan sistem pembelian menggunakan RFID pada umumnya, dimana sistem mampu mengontrol jumlah pembelian sesuai saldo yang ada, mengingat dalam prosesnya konsumen akan melakukan pembelian bahan bakar minyak secara mandiri tanpa ada petugas SPBU.

Full Text:

PDF

References

V. Habsyah, Y. Christyono, and I. Santoso, “Aplikasi Sistem Parkir Dengan Automatisasi Pembiayaan Berbasis Rfid (Radio Frequency Identification,” PhD Thesis, Diponegoro University, 2011.

P. Adhistya Erna, “Prototype Sistem Pengendalian Pembelian Bahan Bakar Minyak Bersubsidi Menggunakan Rfid Berbasis Web,” PhD Thesis, Universitas Gadjah Mada, 2014.

R. Sulistyowati and D. D. Febriantoro, “Perancangan prototype sistem kontrol dan monitoring pembatas daya listrik berbasis mikrokontroler,” J. IPTEK, vol. 16, no. 1, 2012.

B. Nath, F. Reynolds, and R. Want, “RFID technology and applications,” IEEE Pervasive Comput., no. 1, pp. 22–24, 2006.

S. Ballard, “The in situ permeable flow sensor: A ground-water flow velocity meter,” Groundwater, vol. 34, no. 2, pp. 231–240, 1996.

P. SABDO ARYO, “Prototype Deteksi Pelanggaran Lampu Lalu Lintas Menggunakan Kamera Sebagai Pendukung Sistem Berbasis Vb6 Dan Atmega16,” Phd Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

W. Kusuma, “Rancang Bangun Alat Penyimpan, Pengisian dan Penutupan Botol pada Miniatur Pabrik The Botol Berbasis PLC,” Univ. Indones. Depok5 Httpstaff Ui Ac Idinternal040603019mater IalDCMotorPaperandQA Pdf, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.