Integrasi Penerapan Metode Hazard Identification & Risk Assessment dan Small Group Activity

Yulia Nita Dwi M., Silviana Silviana, Andy Hadianto

Abstract

Studi ini dilakukan di PT X yang merupakan perusahaan Jepang dan didirikan pada tahun 2013. Karena ada banyak kecelakaan kerja, perusahaan ini menciptakan tim P2K3. Analisis yang digunakan adalah HIRA dan Hiyari Hatto. Namun, analisis tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, dan kecelakaan kerja masih terjadi. Sebagian besar kecelakaan kerja disebabkan oleh risiko kecil kecelakaan kerja seperti tersandung, jatuh, atau tergelincir. Selanjutnya, para peneliti membuat tim SGA untuk menganalisis implementasi Metode HIRA yang digunakan sebelumnya oleh tim P2K3. Selain itu, kegiatan seperti menambah tanda peringatan K3, meningkatkan APD, dan melakukan pelatihan secara berkala dilaksanakan. Hasil menunjukkan bahwa skor T aman dapat diperoleh -0,82 yang lebih baik dari skor T aman sebelumnya, yaitu + 0,29. Ini berarti bahwa metode HIRA lebih baik diimplementasikan untuk mencapai nol kecelakaan. Juga, Metode HIRA termasuk Metode Hiyari Hatto. Oleh karena itu, metode HIRA dapat menjadi metode komprehensif untuk menganalisis kecelakaan kerja.

Keywords

APD, HIRA, Hiyari Hatto, PDCA, PPE, dan K3.

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF view : 404 times

Full Text:

PDF

References

Y. N. D. Merlina, “Optimalisasi Penerapan Metode Hazard Identification & Risk Assessment (Hira) Dalam Upaya Pencapaian Kecelakaan Nol (Studi Kasus di PT X Industri Manufaktur Polyetilene Breathable Film),” Universitas Widyagama Malang, 2017.

D. P. Restuputri and A. Sulaksmi, “Identifikasi dan Pengendalian Risiko Di Bagian Produksi 1 dalam Upaya Pencapaian Zero Accident Menggunakan Metode Hazard Identification and Risk Assessment ( HIRA ),” in Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), 2016, pp. 24–31.

F. Y. Saloni Waruwu, “Analisis Faktor Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Yang Signifikan Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Apartement Student Castle,” Spektrum Industri, vol. 14, no. 1, pp. 1–108, 2013.

S. G. Raj and N.Shivasankaran, “Hazard Identificationa and Risk Assessment in De- Inking Plant,” International Journal of Research in Aeronautical and Mechanical Engineering, vol. 2, no. 3, pp. 202–208, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.