ANALISIS JUMLAH PLAT STAINLES DENGAN VARIASI JARAK PEMBEBANAN TERHADAP MODULUS ELASTISITAS PADA PENGUJIAN SUPERPOSISI

Muhammad Abdullah, Toni Dwi Putra, Akhmad Farid

Abstract

Dalam era modern sekarang ini banyak perkembangan yang terjadi di dunia saat ini,salah satu dari itu merupakan banyaknya spring yang mengalami cepatnya  kerusakan,hal tersebut dikarenakan pemilihan material yang kurang efektif,kita hanya berfikir gimana spring tersebut akan lebih cepat selesai dan siap digunakan oleh masyarakat tapi kita tidak berfikir berama lama spring tersebut akan bertahan apabila digunakan terus menerus,apalagi yang menggunakan spring tersebut merupakan alat-alat yang berkapasitas besar.

Pada penelitian ini parameter yang dibahas adalah pengaruh variasi panjang dan jumlah terhadap penggunaan plat stainles pada superposisi dengan melakukan penelitian plat yang digunakan.pengujian ini dilakukan dengan menggunakan plat stainles dan beban yang digunakan adalah 100 gram,200 gram dan 300 gram dengan panjang 50 cm,60 cm dan 70 cm,percobaan tersebut dilakukan sebanyak 10 kali percobaan.

Dari hasil penelitian dengan variasi panjang dan jumlah yang berbeda pada plat tersebut maka didapat modulus elastisitas dan defleksi yang terjadi pada plat stainles lebih kecil sehingga akan lebih baik jika digunakan untuk spring karena plat stainles memiliki modulus elastisitas yang kecil sehingga plat stainles bisa tahan lama.

jika suatu plat stainles single diberi beban 100 gr  pada panjang 500 mm dengan jarak 50 mm dari sumbu pusat maka modulus elastisitas dan defleksinya akan besar. jika suatu plat double diberi beban 200 gr pada panjang 600 mm dengan jarak 100 mm dari sumbu pusat maka modulus elastisitas dan defleksinya akan kecil.jika suatu plat tripel diberi beban 300 gr pada panjang 700 mm dengan jarak 100  mm dari sumbu pusat maka modulus elastisitas dan defleksinya akan lebih kecil. jika variasi panjang dan jumlah pada plat lebih banyak maka modulus elastisitas dan defleksinya akan lebih kecil.oleh karena itu semakin banyaknya jumlah plat yang digunakan maka akan semakin kuat.

 

Kata kunci:  plat stainles defleksi, modulus elastisitas, superposisi

Article Metrics

Abstract view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.