PERSONAL SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN STAKEHOLDER VALUE

  • Dwi Ekasari Harmadji Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pengalaman pribadi mengenai personal social responsibility yang diterapkan oleh NP, seorang wirausaha yang memiliki perusahaan perorangan miliknya yaitu Hotel A di Kota Malang. Hal ini akan menginspirasi bagi wiraswasta lain untuk bisa menghasilkan Personal Social Responsibility di lingkungan usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi input yang berguna bagi pengembangan teori stakeholder dan akuntansi pertanggungjawaban sosial melalui penerapan Personal Social Responsibility sehingga dapat meningkatkan stakeholder value dalam wirausaha. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk penelitian lebih lanjut terutama bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif deskriptif, penelitian ini menggunakan teori stakeholder, yang lebih mempertimbangkan posisi para stakeholder yang dianggap powerfull daripada hanya posisi shareholder saja. Kelompok-kelompok stakeholder tersebut meliputi pemegang saham, pelanggan, pegawai, pemasok, kreditur, pemerintah, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada keterkaitan langsung dengan penerapan Personal Social Responsibility sebagai akuntansi pertanggungjawaban sosial untuk meningkatkan stakeholder value.

Published
2020-06-17
How to Cite
Dwi Ekasari Harmadji. (2020). PERSONAL SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN STAKEHOLDER VALUE . Journal of Public and Business Accounting, 1(01), 1-14. Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v3/index.php/jopba/article/view/77
Section
Article Text