PERAN MEDIASI KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK ATAS PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BELI
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3141Abstract
AbstrakArtikel ini menjelaskan pengaruh E-WOM, kualitas produk, citra merek secara parsial dan simultan terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penjelasan (explanatory research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana akan menghasilkan data yang berbentuk numerik dan diolah menggunakan software WarpPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli t-shirt produk distro Inspired27 Soekarno Hatta Malang dan menggambil 95 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, studi kepustakaan dan penjelajahan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM secara parsial berpengaruh terhadap minat beli, E-WOM secara parsial berpengaruh terhadap kualitas produk, E-WOM secara parsial berpengaruh terhadap citra merek, kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli, citra merek secara parsial berpengaruh terhadap minat beli, kualitas produk secara tidak langsung mampu berperan sebagai mediasi pada pengaruh E-WOM terhadap minat beli dan citra merek secara tidak langsung mampu berperan sebagai mediasi pada pengaruh E-WOM terhadap minat beli.Kata kunci: E-WOM, Kualitas Produk, Citra Merek, Minat Beli. AbstractThis article describes the influence of E-WOM, product quality, brand image partially and simultaneously on buying interests. The type of research used is an explanatory research method that uses a quantitative approach, which will produce data in numerical form and processed using WarpPLS software. The population in this study was consumers who had bought t-shirts of Soekarno Hatta Malang's Inspired27 distro products and took 95 respondents. Data collection uses questionnaires, literature studies and internet browsing. The results of this study show that E-WOM partially affects buying interest, E-WOM partially affects product quality, E-WOM partially affects brand image, product quality partially affects buying interest, brand image partially affects buying interest, product quality is indirectly able to act as mediation on the influence of E-WOM on buying interest.Keywords: E-WOM, Product Quality, Brand Image, Buying Interests.References
Barnard, Malcolm, 2006, Fashoin as Communication, diterjemahkan oleh Idy Subandy Ibrahim, Fashion sebagai Komunikasi Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas dan Gender, Jalasutra, Yogyakarta.
Eko Purnomo (2016). “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk dan Lokasi terhadap
Eriza, Zahra Noor (2017). “Peran Mediasi Citra Merek dan Persepsi Resiko pada Hubungan Antara Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Minat Beli (Studi Pada Konsumen Kosmetik E-Commerce Di Solo Raya)â€. Komuniti, Vol. IX, No. 1.
E-WOM Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Denpasarâ€.
Hennig – Thurau T., Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh and Dwayne D. Gremler, 2004, Electronic Word of Mouth Via Consumer Opinion Platforms : What Motivates Consumer to Articulate Themeselves on the Internet, Wiley InterScience, hal 15.
J. Setiadi, Nugroho, 2003. “Perilaku Konsumenâ€. Jakarta: PT. Kencana Prenanda Media.
Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12 ke 12 Jakarta: Erlangga.
Kotller, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Miki Ambarwati, Sunarti dan Mukhkammad Kholid Mawardi (2005). “Pengaruh Citra Merek
Minat Beli Konsumen dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Ramah Utama)â€.
Samuel, Hatane dan Lianto, Adi Suryanata. (2014). Pengaruh Analisis E-WOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya. Vol. 8. No. 2.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
terhadap Minat Beli (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent)â€.
Velanda Ahtayary Putri, Agriani Herita Sadeli, Trisna Insan Noor, Pandi Pardian (2020), “Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan dan Minat E-WOM Sayuran Organik di Warung Sehat 1000 Kebunâ€.
Yande Agus Ardana & Ni Made Rastini (2018). “Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh