PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PRICE EARNING RATIO SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3143Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh  profitabilitas  dan leverage terhadap harga saham dengan price earning ratio (PER) sebagai variabel mediasi.  Penelitian ini di harapkan dapat menambah ilmu pengetahuan di bidang manajemen keuangan mengenai efek perubahaan profitabilittas yang diprokikan dengan ROA dan leverage yang diproksikan dengan DAR terhadap harga saham dengan PER sebagai variabel mediasi. Pada penelitian ini walaupun tidak semua variabel berdampak terhadap harga saham, namun ada satu variael yang berpengaruh terhadap harga saham yaitu ROA, adapun variabel lainya tidak berdampak terhadap harga saham yaitu DAR dan PER. Penelitian dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan populasi 43 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria populasi, jumlah sampel yang memenuhi syarat adalah 28 bank, teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji sobel. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa: profitabilitas  berpengaruh  negatif tidak signifikan terhadap  price earning ratio (PER); leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap price earning ratio (PER); price earning ratio (PER) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham; profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhdap harga saham; leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap harga saham; price earning ratio (PER) tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap harga saham; price earning ratio (PER) tidak dapat memediasi pengaruh leveregae terhadap harga sahamKata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Harga Saham. AbstractThis study aims to find out and test the influence of profitability and leverage on share prices with a price earning ratio (PER) as a mediation variable.  The research was conducted on banking companies registered in IDX  with a  population  of  43  companies.  The  sampling  technique  used  is  purposive  sampling.  Based  on population criteria, the number of eligible samples is 28 banks, the data analysis technique uses multiple linear regression analysis and sobel test. The results showed that:profitability had an insignificant negative effect on the price earning ratio (PER);leverage has a significant negative effect on the price earning ratio (PER); the price earning ratio (PER) has an insignificant positive effect on the share price; profitability has a significant positive effect on the share price;leverage has an insignificant negative effect on the share price; the price earning ratio(PER) cannot mediate the effect of profitability on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the influence of leveregae on the share price.Keywords: Profitability, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Share Price.References
Achmad, K; Sri, H; Trias, A. (2016.). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja
Keuangan Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.20, No.1 Januari 2016,
hlm. 10–21.
Ademola, et al. (2016). Impact of Accounting Information on Stock Price Volatility (A Study
of Selected Quoted Manufacturing Companies in Nigeria). International Journal of
Business and Management Invention, Volume 5 Issue 11, PP—01-16.
Amanda, A; Darminto; Husaini, A. (2012.). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Harga Saham. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, Vol 4 No 2.
Andi, A. N. (2018). Pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) Terhadap Harga Saham.
Universitas Negeri Makassar: http://eprints.unm.ac.id/11357/.
Brigham, E. & Houston, J. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuanagan. Edisi 11 Buku 1.
Jakarta: Selemba Empat.
Dita Ines. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.
Fiona, M. & Ngatno. (2018). Pengaruh Return On Assets (ROA) Terhadap Harga Saham
dengan Earning Per Share (EPS) sebagai Intervening Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 7, Nomor 1, pp. 1-9.
Frengky, D. & Anak, A. (2018). Pengaruh DPR, DER, ROA dan ROE Terhadap Price
Earning Ratio pada Perusahaan Manufaktur . E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No.
, 2018: 3681-3708, DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i07.p9 . Ghozali, I.. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, Abdul. (2013). Manajemen Keuangan Bisnis. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Husnan, Suad. (2001). Dasar – Dasar Teori Portofolio. Yogyakarta: UPP AMP. YKPN.
Iwan, F & Ika. (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Return On Assets
Terhadap Price Earning Ratio Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 5 No 2. Mukhtasyam, Et Al. (2020). Effect of Profitability, Liquidity, and Solvability on Share Prices
with Earning Per Share (EPS) As a Moderating Variables. International Journal of
Innovative Science and Research Technology, ISSN No:-2456-2165, Volume 5, Issue
Munawir, S. (2010). Analisis Laporan Keuangan Edisi ke-4. Yogyakarta: Liberty.
Pande, W. & Nyoman, A (2018). Pengaruh EPS, PER, CR, dan ROE Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 4, 2018: 2106-2133, DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i04.p14.
Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi . Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kuualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Vasta, B; Siti, R; Zahror, Z. &. (2011). Pengaruh EPS, ROA, NPM, DAR Dan Long Term
DER Terhadap Harga Saham. Jurnal Administrasi dan Bisnis, Vol 5 No 1.
Zuliarni, S. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Mining And Mining Service Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 3, No 1 .
Zariyah, Z. (2018). Analisis Pengaruh Debt To Asset Ratio, Return On Asset, Net Profit Margin, Terhadap Harga Saham. Jurnal Manajerial, Vol 3 No 2, Hal 31-45.