PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOBER MIE SETAN SOEKARNO HATTA DI MALANG

Authors

  • Riska Budi Arti Universitas Widyagama Malang
  • Bambang Budiantono Universitas Widyagama Malang
  • Tuti Hastuti Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3147

Abstract

AbstrakThe main objective of this study was to determine the effect of the marketing mix and service quality at Kober Mie Setan Soekarno Hatta on consumer purchasing decisions. The population in this study were all consumers of Kober Mie Setan Soekarno Hatta and took 100 respondents. This research uses quantitative methods, which will produce numeric data and are processed by computer using SPSS software. The analytical tool used is multiple linear regression analysis. The result showed that the marketing mix variable had a significant effect and service quality had no significant effect on consumer purchasing decisions for Kober Mie Setan Soekarno Hatta in Malang. With this marketing mix and service quality, it can be a driving tool for consumer purchasing decisions at Kober Mie Setan Soekarno Hatta. Keywords: Marketing Mix; Quality of Service; Buying decision; Kober Mie Setan Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan pada Kober Mie Setan Soekarno Hatta terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Kober Mie Setan Soekarno Hatta dan mengambil 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang akan menghasilkan data numerik dan diolah dengan komputer menggunakan software SPSS. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Bauran Pemasaran berpengaruh signifikan dan Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kober Mie Setan Soekarno Hatta. Dengan bauran pemasaran dan kualitas layanan tersebut dapat menjadi pendorong pengambilan keputusan pembelian konsumen di Kober Mie Setan Soekarno Hatta. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian, Kober Mie Setan

References

Abigail Anastasia soewantono dan Fransisca Andreani (2019). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di warung Gudeg Bu Yul Surabaya. Vol. 7, No. 1, Universitas Kkjm risten Petra.

Alma, Buchari (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Amstrong, Kottler (1997), “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€, Erlangga, Jakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Manajemen Dan Startâ€Up Bisnis,

Aritonang, R. L. (2005). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Bayumedia. Publishing, Malang.

Assauri, Sofjan (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Babin (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Bambang Budiantono (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk yang ditawarkan terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Karyawan Widyagama Malang. Jurnal JIBEKA Volume 8 No 1

Basu Swastha dan Irawan (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Cronin, J.J dan Taylor, S.A (1992). Measuring Service Quality: A Reexaminataion and Extension, Journal of Marketing, Juny (56): 55-68.

Didik Pianto dan Hertiana Ikasari. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Gading Asri Cottege & Resto. Universitas Dian Nuswantoro

Djoko Subroto, dan Zulian Yamit (2004). Pengaruh Kinerja Pelayanan Apartur Kepolisian terhadap Kepuasan Masyarakat, SINERGI Vol 7 No. 1, 2004.

Fandy Tjiptono (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Fiera Aryati Natakusumah dan Ai Lili Yuliati (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Ina Cookies Bandung), jurrnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol 9. No. 1, Universitas Telkom.

Hafifa Husna (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Study pada Semoga Suksek Cell Pekanbaru). Vol. 6, Edisi 11, Universitas Riau.

http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/pengertian-definisi-kualitas-pelayanan.html

https://www.dewaweb.com/blog/marketing-mix/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-7-konsep-mix-marketing-dalam-perusahaan-jasa/

https://harga.web.id/info-lengkap-daftar-harga-menu-kober-mie-setan.info

https://travelingyuk.com/kober-mie-setan/129043/

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Hutagaol, Vici Kristina (2005). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi POTLUCK a coffee bar and librarya Bandung. Bandung.

Kotler dan keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedua belas. PT. Indeks. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lanne (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Tiga belas. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. & Hamdani, A (2006). Manajemen pemasaran jasa (2nded). Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Maria Indraswati dan Saino. Pengaruh Bauran Pemasaran Resto Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Rumah Makan Rawon Setan di Surabaya. Pendidikan Ekonomi Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Malhotra, Naresh K. (2005). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan. Terjemahan Edisi Keempat. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Mangkunegara, A. (2002). Perilaku Konsumen. Bandung. Refika.

Payne, Andrian (2001). The Essence Of Service Marketing; Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Sriyanto, Agus dan Aris Wahyu Kuncoro (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Lionstar di Modern Market Jakarta. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Vol 4.

Sutrsino,N.A.R.A,.Widodo, J., Zulianto,M. (2018) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial.

Downloads

Published

2021-11-08

Issue

Section

Articles