PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3163Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh keputusan pendanaan, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi.Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan populasi 53 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria populasi, jumlah sampel yang memenuhi syarat adalah 25 perusahaan, teknik analisis datanya menggunakan uji statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik digunakan agar memberikan kepastian bahwa persamaan regresi yang didapatkan memiliki ketepatan dalam estimasi, tidak bias dan konsisten.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keputusan pendanaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas; ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas; keputusan pendanaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan ; Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan; profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan; profitabilitas tidak mampu memediasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian yaitu objek dalam penelitian terbatas dalam perusahaan manufaktur.Kata Kunci: Keputusan pendanaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, nilai perusahaan. AbstractThis study aims to determine and examine the effect of funding decisions, firm size on firm value with profitability as a mediating variable. The study was conducted on manufacturing companies in the consumer goods industry sector with a population of 53 companies. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the population criteria, the number of samples that meet the requirements are 25 companies, the data analysis technique uses descriptive statistical tests and classical assumption tests. The classical assumption test is used to provide certainty that the regression equation obtained has accuracy in estimation, is unbiased and consistent. The results showed that: profitability had an insignificant negative effect on the price earning ratio (PER); leverage has a significant negative effect on the price earning ratio (PER); the price earning ratio (PER) has an insignificant positive effect on the share price; profitability has a significant positive effect on the share price; leverage has an insignificant negative effect on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the effect of profitability on the share price; the price earning ratio (PER) cannot mediate the influence of leverage on the share price. The limitation of research is that the object of the research is limited to manufacturing companies. Keywords: Profitability, Leverage, Price Earning Ratio (PER), Share PriceReferences
Aniela Nurminda, Deannes Isynuwardhana, S.E., M.M., Annisa Nurbaiti, S.E., M. S. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 4(1), 542–549.
Astuti, N. K. B. Dan I. P. Y. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3275–3302.
Bagus, I. G., Pratama, A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Mediasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Semakin Meningkatnya Persaingan Bisnis Di Era Globalisasi Saat Ini Tidak Terlepas Dari Pengaruh Berkembangnya Lingkungan Ek. 5(2), 1338–1367.
Dan, I. B. G. I. W. P. Dan P. Y. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 243261.
Dewi, N. P. I. K. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3028–3056.
Febriani, R. (2020). Pengaruh Likuiditas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 216–245. Https://Doi.Org/10.47080/Progress.V3i2.943
Gustian, D. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi., 3(2), 84–100.
Hendrawati, N. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital Dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Pasundan.
Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10(2), 4394–4422. Https://Doi.Org/10.15408/Akt.V10i2.4649
Kartika Dewi, N. P. I., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3028. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I05.P16
Kusuma, R. A. W., & Priantinah, D. (2018). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Yang Bergabung Di Issi Dan Konvensional Periode 2014-2016. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(2). Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V7i2.21352
Kusuma, Z. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas Dan Tingkat Pertumbuhan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 1, 1–15.
Mery, K. N. (2017). Pengaruh Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 2000–2014.
Miswanto, Abdullah, Yanuar R., & Suparti, S. (2017). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (Jbe), 24(2), 119 – 135.
Mustanda, I. K., & Suwardika, I. N. A. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. None, 6(3), 254488.
Novari, P. M. Dan P. V. L. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 737. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I02.P17
Novi Sagita Ambarwati, Gede Adi Yuniarta, N. K. S. (2015). Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 11.
Pratama, I. G. B. A. Dan I. G. B. W. (2016). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3028. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I05.P16
Putu, L., Sartini, N., Bagus, I., & Purbawangsa, A. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Deviden, Serta Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(8), 253693.
Putra, A., & Badjra, I. (2015). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(7), 249411.
Putu Vivi Lestari Dan Putra, A. N. D. A. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Aa. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), 3275. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I05.P25
Rifai, M., Arifati, R., & Magdalena, M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei Tahun 2010-2020. Jurnal Of Accounting, 1(1), 1–8.
Rukmawanti, L., Enas, E., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi Pada Pt . Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2008-2017). Business Management And Entrepreneurship Journal, 1(2), 158–173.
Sadewo, I. B., Suparlinah, I., & Widianingsih, R. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 13(3), 126–145.
Septianawati, D. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Wind Engineering And Industrial Aerodynamics, 26(3), 1–4.