Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image Saat Pandemi Covid-19

Authors

  • Freya Alvita Yasmine Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3171

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan purposive sampling. Subjek penelitian ini merupakan konsumen yang pernah melakukan keputusan pembelian Pizza Hut saat pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program Smart PLS 3.0.Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel harga dan brand image secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Selain itu brand image juga secara signifikan berpengaruh positif memediasi hubungan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini hanya menggunakan satu variabel independen, sehingga masih terdapat beberapa variabel independen selain variabel harga yang mampu menjelaskan dan kemungkinan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.Kata kunci: Harga, Brand Image, Keputusan Pembelian. AbstractThis research aims to find out the effect of price on purchasing decisions through brand image as an intervening variable. This research method uses a quantitative approach with purposive sampling. The subject of this study was a consumer who had made a decision to buy Pizza Hut during the Covid-19 pandemic in the Special Region of Yogyakarta. The sample used as many as 100 respondents were analyzed using structural equation model (SEM) with smart pls 3.0 program.  The results of this study found that price variables and brand image significantly positively influence purchasing decisions. In addition, brand image also significantly positively mediates the price relationship to purchasing decisions. This study uses only one independent variable, so there are still several independent variables other than price variables that are able to explain and likely have an influence on purchasing decisions.Keywords: Price, Brand Image, Purchase Decision.

References

Cahyono, K. E., & Aziz, K. A. G. (2016). Pengaruh E-WOM Pada Citra Merek dan Niat Pembelian (Studi : Mitsubishi Pajero Sport). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 1 No.(2), 113–129.

Camelia, S. B., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Keragaman Menu, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Social and Political, 1–7.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Journal Of Social And Politic.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (2nd ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gogoi, B. J. (2020). Changing Consumer Preferences: Factors Influencing Choice of Fast Food Outlet. Academy of Marketing Studies Journal, 24(1), 1–17.

Hadita. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 25–38.

Herdiana, T., & Alamsyah, D. P. (2017). Country of Origin dan Citra Merek: Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 31–40.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. In Universitas Brawijaya.

Jannah, S. M. (2020). Akibat Pandemi, PHRI 10 000 Restoran dan Hotel Tutup, Rugi Rp70 T. Tirto.Id.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. In A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (Eds.), Erlangga (Kedua Bela, Vol. 1). Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Person Education.

Kurniawan, R. A. J., & Aprilia, A. (2018). Pengaruh Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran KFC di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 89–103.

Kusrini, T., Suharyono, & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Atribut Rumah Makan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(1), 151–155.

Maksum, M., & Satrio, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Wingstop. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(12), 1–22.

Organization, W. H. (2021). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Pradita, S. R., & Yuli, H. (2017). Effect of Brand Image and Perceived Price Towards Purchase Decision in Kentucky Fried Chiken (KFC). Journal of Marketing and Consumer Research, 36(9), 13–23.

Prayoga, F. (2020). Pegawai Jualan di Jalan, Direktur Pizza Hut: Ini Strategi Hadapi PSBB. Okezone.Com.

Purnamasari, S., & Murwatiningsih. (2015). Brand Image sebagai Mediasi Pengaruh Promosi, Harga, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Jamu Nyonya Meneer di Semarang Timur. Management Analysis Journal, 4(3), 265–272.

Qomariah, N. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food di Mall Plaza Mulia Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 35–45.

Saleh, M., Haerani, S., & Reni, A. (2019). Pengaruh Brand Image , User Image , dan Product Image terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Pajero pada PT . Bosowa Berlian Motor di Kota Makassar. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 1(2), 72–87.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh.

Syamsurizal, & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Rocket Chicken Kota Bima. Jurnal Brand, 2(2), 177–183.

Wahyuni, S. (2019). The Influence of Product Innovation, Brand Image, and Physical Evidence to Purchase Decision and WOM of Starbucks in Jakarta. Middle East Journal of Management, 6(2), 123–138.

Downloads

Published

2021-11-08

Issue

Section

Articles