PENGARUH FAKTOR VARIETY SEEKING TERHADAP PERILAKU PERPINDAHAN MEREK KONSUMEN PRODUK SEPATU OLAH RAGA KOTA PRABUMULIH

Samron Akhiri, Romsa Endrekson

Abstract

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh variety seeking Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Konsumen Produk Sepatu Olahraga Di Kota Prabumulih. Penelitian dilakukan di Kota Prabumulih, dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.  Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu. Metode analisis data dengan menggunakan regresi linear sederhana formula untuk regresi sederhana, uji t dan koefisien determinasi. Hasil uji validitas menunjukkan variabel  variety seeking (X) dan brand switching (Y) diukur dengan menggunakan item pertanyaan, dari  semau item pertanyaan semua item dalam instrumen variety seeking (X) dan brand switching (Y) dinyatakan valid dengan penjelasan bahwa semua item mempunyai nilai r hitung > r tabel. Dari hasil uji hipotesis pada uji t menunjukkan bahwa pengaruh  variabel  independen  variety seeking  (X)  terhadap  variabel  dependen  brand switcing berpengaruh positif, dapat dilihat dari nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel, maka Ho diterima.

Kata Kunci: Variety Seeking, Perilaku Perpindahan Merek

ABSTRACT

his study aims to determine the effect of variety seeking on the behavior of consumer brand switching for sports shoes in Prabumulih City. The research was conducted in Prabumulih City, with a total sample of 94 respondents. This type of research uses quantitative methods. The study was conducted using the Non-Probability Sampling technique with a Purposive Sampling approach, namely taking samples from the population based on certain criteria. Data analysis method using simple linear regression formula for simple regression, t test and coefficient of determination. The results of the validity test show that the variety seeking (X) and brand switching (Y) variables are measured using question items, from all question items, all items in the variety seeking (X) and brand switching (Y) instruments are declared valid with the explanation that all items have a value. r count > r table. From the results of the hypothesis test on the t-test, it shows that the influence of the independent variable variety seeking (X) on the dependent variable of brand switching has a positive effect, it can be seen from the t-count value which is smaller than the t-table value, then Ho is accepted.

Keywords: Variety Seeking, Brand Switching Behavior

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF view : 357 times

Full Text:

PDF

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ananda Rizky Hanissa. 2012. Pengaruh Atribut Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Perilaku Brand Switching ke Telkomsel Sosialita. (Online), Malang: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Basu Swastha. 2003. Pergeseran Paradigma dalam Pemasaran : Tinjauan Manajerial dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Dharmmesta, B.S., 2002, Loyalitas Pelanggan: Sebuah kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, vol 14, no 3.

Emilia Siska. 2013. Pengaruh atribut produk, Kepuasan, dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Konsumen Rinso ke Merek Lain di Kota Padang. (Online), Jurnal Universitas Negeri Padang. Padang.

Febriantari Fitri Risna. 2017. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk iklan, dan Mahasiswa Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Pada Pembelian Smartphone Android (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta).

Kuswati Rini. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Pada Produk Smartphone (Studi Kasus pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang melakukan Perpindahan Merek dari Blackberry ke non Blackberry). Seminar Nasional dan Call for Paper, ISBN : 978-602-70429-1-9 (Online). Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku 2. Diadaptasi oleh A.B Susanto. 2001. Jakarta : Salemba Empat.

Lestari, Vita, Diana. 2011. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Keterlibatan Konsumen, Harga dan Daya Tarik Pesaing Terhadap Perilaku Brand Switching. (studi kasus pada pengguna telepon seluler Sony Ericsson di Kota Semarang). (Online), Jurnal Universitas Diponegoro : Semarang.

Nuraeni. 2014. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Brand Switching pada Kartu Prabayar XL. Studi kasus pada konsumen pandumedia reload service SingosariMalang)”. (Online), (http:www.jurnal.yudharta.ac.id. Diunduh pada hari jumat tanggal 7 Oktober 2016).

Peter, J.Paul dan Jerry C. Olson. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ps, Djarwanto dan Pangestu Subagyo. 2005. Statistika Induktif. Edisi ke-5, Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Santoso, Heri. 2009. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Brand Switching pada Produk Rokok L.A Lights (Studi pada Warga Kecamatan Jebres Surakarta). Skripsi Dipublikasikan. (Online), Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Schiffman, Leon G. dan Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behaviour. Edisi ke 7. New York : John Wiley & Son, Inc.

Sugiyanti, 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Kartu Perdana Produk Telkomsel di Samarinda. eJurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1 (1):71-83. (Online). ISSN 0000-0000, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.org.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan ke-2, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian, Bandung. CV, Alfabeta.

Simamora, Henry, 2016, Manajemen Pemasaran Internasional (jilid 1), Jakarta : Salemba Empat

Widyasari, Suzy. 2008. Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepeda Motor (studi pada konsumen sepeda motor di Kotamadya Salatiga). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), (Online). ISSN 1412-3126 Vol. 15, No 2

William J. Stanton. 1991. Prinsip Pemasaran, edisi ketujuh, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Wuri, M. 2002. Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Perpindahan Merek. Tesis Dipublikasikan. (Online), Semarang : Program Studi Magister Manajemen, Universitas Diponegoro Semarang

Setyo Ferry Wibowo, Teguh Kurnaen, Agung Kresnamurni. 2014. Pengaruh Atribut Produk dan Variety seeking terhadap keputusan perpindahan Merek Handphone Nokia ke Smartphone Samsung . Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) , Vol.5 , No.1, 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.