Pengaruh Price Earning Ratio, Sales Growth, Dividend Payout Ratio, dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Lely Puspita Anggraeni Universitas Widyagama Malang
  • M. Sodik Universitas Widyagama Malang
  • Marjani Ahmad Tahir Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3184

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari rasio-rasio keuangan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverages yang terdaftar pada BEI periode 2018-2020. Rasio yang akan diuji pengaruhnya terhadap nilai perusahaan adalah Price Earning Ratio, Sales Growth, Dividend Payout Ratio, dan ROE. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan metode pengolahan data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa price earning ratio, dividend payout ratio, dan return on equity berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan sales growth tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah perusahaan yang dijadikan sampel penelitian hanya terbatas pada industri sub sektor food and beverages, sehingga kurang mewakili seluruh sektor yang ada. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Price Earning Ratio, Sales Growth, Dividend Payout Ratio, ROE AbstractThis study aims to determine the effect of financial ratios on firm value in food and beverages companies listed on the IDX for the 2018-2020 period. The ratios that will be tested for their influence on firm value are Price Earning Ratio, Sales Growth, Dividend Payout Ratio, and ROE. The research method used is a quantitative method, with data processing methods using descriptive statistical tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, and hypothesis testing. This study concludes that the price earning ratio, dividend payout ratio, and return on equity have an effect on firm value, while sales growth has no effect on firm value. The limitation of this research is that the companies that are used as research samples are only limited to the food and beverages sub-sector industry, so they are less representative of all existing sectors. Keywords: Firm Value, Price Earning Ratio, Sales Growth, Dividend Payout Ratio, ROE

References

Arikunto, S. (2014). PROSEDUR PENELITIAN, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astutik, D. (2017). Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur). Jurnal STIE SEMARANG VOL 9.

Badan Pusat Statistik. (2021). Badan Pusat Statistik. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/

Bursa Efek Indonesia. (2020). IDX Indonesia Stock Exchange. Retrieved from IDX Indonesia Stock Exchange: https://www.idx.co.id

Hanafi, M. M. (2015). Manajemen Keuangan Edisi 1. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA. Hardi Citra, L. F. (2020). Pengaruh Leverage, Working Capital Turnover, Kebijakan Dividen,

dan Price Earning Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Owner Riset & Jurnal Akuntansi.

Lujeng Indra, R. M. (2018). Pengaruh Price Earning Ratio, Profiitabilitas, dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017). e-jurnal Riset Manajemen.

Muhammad Fikri Arrazi, A. K. (2021). Analisis Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Semen yang Terdaftar si Bursa Efek Indonesia. KORELASI Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi VOL. 2.

Nafisah, N. I. (2018). Pengaruh Return On Assets (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Price Earning Ratio. JURNAL RISET MAHASISWA AKUNTANSI UNIKAMA.

Qori’ah, A. (2019). Analisis Determinan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Senata, M. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil.

Shelly Maya Susanto, V. (2019). Faktor yang Mem-pengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. e-jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta.

Siregar, H. (2017). Pengaruh Earning Per Share (EPS) Dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Otomotif dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2013-2016.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Triana Zuhrotun, M. R. (2016). Pengaruh Return on Assets, Debt to Equity Ratio, Price Earning Ratio, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Kategori Indeks LQ-

di Bursa Efek Indonesia. e-jurnal Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Yanuarti, E. S. (2018). Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), dan Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Untan.

Downloads

Published

2021-11-08

Issue

Section

Articles