SALURAN MEDIA DIGITAL (DIGITAL MEDIA CHANNELS) YANG EFISIEN DAN EFEKTIF BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Authors

  • Aditya Hermawan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3212

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran media digital (digital media channels) yang efisien dan efektif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan terhadap 1.308 UMKM yang berdomisili diprovinsi Jawa Timur. Data diambil dengan menggunakan metode survey. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner secara online kepada sepanjang bulan Juni 2021 hingga bulan Agustus 2021. Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah Sosial Media Marketing (SMM) merupakan Saluran Media Digital yang efisien dari segi biaya, efisien dari waktu serta efektif dari segi perolehan order penjualan bagi UMKM di provinsi Jawa Timur. Dapat disimpulkan bahwasanya efisiensi dan efektivitas Saluran Media Digital dapat dilihat pada seberapa banyak pengguna yang menggunakannya sehingga menjadi pasar yang potensial bagi UMKM untuk memasarkan produknya.Kata Kunci: Strategi digital marketing, Saluran Media Digital, UMKM Abstract This research aims to find out digital media channels that are efficient and effective for Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) in East Java province. This study was conducted on 1,308 MSMEs domiciled in East Java. The data was taken using the survey method. The research instrument used is an online questionnaire throughout June 2021 to August 2021. Data is analyzed using Descriptive Analysis. The result obtained is Social Media Marketing (SMM) is a Digital Media Channel that is efficient in terms of cost, time efficient and effective in terms of obtaining sales orders for SMEs in East Java province. It can be concluded that the efficiency and effectiveness of Digital Media Channels can be seen in how many users use it so that it becomes a potential market for MSMEs to market their products.Keywords: Digital marketing strategy, Digital Media Channels, SMEs

References

Amri, Andi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, Volume 2, Nomor 1, halaman 123-130

Belch, George; Belch, Michael. 2015. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, New York: McGraw Hill

Chaffey, D.; Chadwick, E. 2016. Digital Marketing,Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Chaffey Dafe. 2009. E-Business and e-cmmerce management : strategy Implimentation, and practice. Edition, Printece Hall.

Chakti, G. A. 2014. The Book of Digital Marketing (Sobirin (ed.); 1st ed.). Makasar, Penerbit Celebes Media Perkasa.

Febriyantoro, Mohammad Trio; Arisandi, Debby. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, Volume 1, Nomor 2, halaman 62-74

Hardiliwati, Wan Laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Volume 10, Nomor 1, halaman 89-98

Hartanti; Oktiyni, Rina. 2020. Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen Volume 4, Nomor 2, halaman 183-190

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. 2019. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, Volume 4, Nomor 1, halaman 53–60

Kusumastuti, Anggit Dyah. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam mempertahankan Business Continuity Management (BCM). eJournal Administrasi Bisnis, Volume 8, Nomor 3, halaman 224-232

Pradiani, Theresia. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, Volume 11, Nomor 2, halaman 46 - 53

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Volume 1, Nomor 1, halaman 1–17

Putri, Yuni Maxi; Utomo, Hardi; Mar’ati, Fudji Sri. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Jurnal Among Makarti, Volume 14, Nomor 1, halaman 93-108

Saveria, Rachael Abigail. 2016. Analisis Digital Marketing Dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok) Makalah Non-Seminar. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rosita, Rahmi. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, Volume 9, Nomor 2, halaman 109-120.

Thaha, Abdurrhman Firdaus. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, Volume 2, Nomor 1, halaman 123-130

Downloads

Published

2021-11-08

Issue

Section

Articles