PENGARUH MONDAY EFFECT DAN WEEKEND EFFECT TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Saham Perusahaan LQ 45 Periode Agustus 2020 – Januari 2021)
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v2i1.3550Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris kemampuan Monday effect maupun weekend effect dalam meningkatkan return saham, baik secara simultan maupun parsial. Selain itu, juga akan mengkaji variabel mana yang lebih dominan dalam meningkatkan return saham.Pendekatan kuantitatif regresi berganda digunakan untuk menguji 45 perusahaan LQ 45 periode Agustus 2020 – Januari 2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder di Bursa Efek Indonesia. Temuan empiris yang diperoleh adalah Monday effect dan weekend effect secara simultan maupun parsial mampu meningkatkan secara berarti return saham. Juga ditemukan Weekend effect memiliki kemampuan lebih dibandingkan Monday effect dalam meningkatkan return saham, meskipun dugaan peneliti sebelumnya adalah Monday effect yang lebih dominan.  Kata Kunci: Monday Effect, Weekend Effect, Return Saham, LQ 45 AbstractThe purpose of this study was to find empirical evidence of the ability of the Monday effect and weekend effect to increase stock returns, either simultaneously or partially. In addition, it will also examine which variables are more dominant in increasing stock returns.Multiple regression quantitative approach is used to test 45 LQ 45 companies for the period August 2020 – January 2021. This study uses secondary data on the Indonesia Stock Exchange.The empirical findings obtained are that the Monday effect and the weekend effect can simultaneously or partially increase stock returns significantly. It was also found that the Weekend effect has more ability than the Monday effect in increasing stock returns, even though the previous researcher suspected that the Monday effect was more dominant. Keywords: Monday Effect, Weekend Effect, Stock Return, LQ 45References
Adinegara, Hermawan Indra Prambudi. 2015. “Pengaruh Fenomena Day of The Week Effect, Monday Effect dan Weekend Effect Terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014â€. Skripsi. Universitas Widya Dharma.
Budileksmana, Antariksa. 2005. “Fenomena The Monday Effect di Bursa Efek Indonesiaâ€. Jurnal, SNA VII Solo.
Cahyaningdyah, Dwi dan Witiastuti, Rini Setyo. 2010. “Analisis Monday Effect dan Rogalski Effect di Bursa Efek Jakartaâ€. Jurnal. Universitas Negeri Semarang.
Gude, Susanti Fuj Astuti. 2018. “Pengaruh Monday Effect Terhadap Return Saham Perusahaan yang Terdaftar Pada LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017â€. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.
Jogiyanto. 2007. “Teori Portofolio dan Analisis Investasiâ€. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.
Kasiram, Mohammad. 2010. “Metode Penelitian: Kualitatif-Kuantitatifâ€. Jurnal. Universitas Islam Negeri Malang.
Lenita, Vanda Leika. 2019. “Analisis Monday Effect, Weekend Effect dan Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham kelompok Saham Indeks LQ 45â€. Tesis. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Mariana, Christy Dwita. 2019. “Dampak Merjer dan Akuisisi Terhadap Abnormal Return Saham Perusahaan di Indonesia Periode 2016-2018â€. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta.
Martalena dan Malinda. 2011. “Pengantar Pasar Modal. Edisi Pertamaâ€. Yogyakarta:Andi.
Pratiwi, Anita Rahman. 2018. “Analisis Pengaruh Hari Perdagangan terhadap Return Saham Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesiaâ€. Jurnal. Universitas Islam Indonesia.
Rahmawati, Suci. 2016. “Analisis Monday Effect dan Weekend Effect pada Return Saham Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesiaâ€. Skripsi. Universitas Negerei Yogyakarta.
Rodomi, Ahmad dan Othman Yong. 2002. “Analisis Investasi dan Teori Portofolioâ€. Jakarta:PT Interpratama Offset.
Rystorm, D.S., adn Benson, E. 1989. “Investor Psychology and The Day of The Week Effectâ€. Financial Analysis Journal, 45.
Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabetaâ€.
Sitorus, Evy Hartati. 2019. “Pengaruh Monday Effect, Monday Effect dan Week Four Effect Terhadap Return Saham Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaâ€. Jurnal.
Sumiyana. 2007. “Day of the Week Effect dan Monday Effect: Fenomena yang Terbukti Tidak Konsisten di Pasar Modal Indonesiaâ€. Jurnal Manajemen dan Terapan.
Widyanti, Chintya Ika. 2018. “Pengaruh Monday Effect, Weekend Effect dan Rogalski Effect Terhadap Return Sahamâ€. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.
Yuhelmi dan Afrida. 2010. “Analysis Daysof the Weeken Effect to Days Return at Jakarta Stock Exchangeâ€. Jurnal Manajemen Vol.5 No.1. Universitas Bung Hatta.
www.idx.com diakses pada hari Senin, 8 Februari 2021.
www.yahoofinance.com diakses pada hari Senin, 8 Februari 2021.