Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI (Studi Kasus Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2016-2020

Wilfridus Asa Tuna, Muchlis H. Masud, Dharmayanti Pri Handini

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur di BEI (Studi Kasus pada Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2016-2020) yang diukur dengan ROA, DER, PER,PBV. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur sektor industry barang konsumsi sebanyak 56 perusahaan. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan metode “Purposive Sampling”, yaitu menentukan sampel dengan kriteria yang ditetapkan peneliti sebanyak 5 kriteria dan yang memenuhi kriteria sebanyak 15 perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham sedangkan DER berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap harga saham, PER berpengaruh positif dan signifikan terhadap haraga saham dan PBV berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

Kata kunci: ROA, DER, PER,PBV dan Harga Saham

Abstract

The motivation behind this study was to decide the Impact of Major Elements on Stock Costs in Assembling Organizations on the IDX (Contextual analysis in the Shopper Merchandise Industry Area 2016-2020) as estimated by ROA, DER, PER, PBV. The populace in this study were 56 organizations in the buyer products industry area. The examining procedure in this study utilized the "Purposive Testing" strategy, which was to decide the example with the rules set by the scientist upwards of 5 models and 15 organizations that met the measures. In this study utilizing monetary proportion examination.

The outcomes showed that ROA meaningfully affected stock costs while DER significantly affected stock costs, PER affected stock costs and PBV affected stock costs.

Keywords: ROA, DER, PER, PBV and Stock Cost

Full Text:

PDF

References

Aaker, David. A. (1997). Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Mitra Utama. Alfonsius, 2011. Analisis faktor fundamental terhadap harga saham. 2009:3. Potret Bisnis Ritel Di

Indonesia: Pasar Modern. www.depdag.go.id diakses tanggal 3 Juli 2009. M. Syatibi. 2008.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, D. dan Rosinta, F. (2010).Pengaruh PER, EPS, ROA dan DER Terhadap Harga Saham perusahaan Sub Sektor Textile yang Go Public di Bursa Efek Indonesia periode

-2011 , Jurnal Ilmu Adminstrasi dan Organisasi, Vol. 17, No. 2, pp 114-126 Bawa, P., Gupta, B.L., Sharma, B. (2013). Retail Service Quality’s Impact on Value Delevery

dan Customer Satisfaction in a Retail Store Envirinment, Journal of Marketing &

Communication, Vol. 9, Issue 1, pp. 37-44

Bricci, L., A. Fragata, and J. Antunes, (2016). Pengaruh ROA, DER,EPS,PER,dan PBV terhadap Harga Saham ( Studi pada perusahaan manufaktur ) periode 2009-2011" Journal of Economics, Business and Management vol. 4, no. 2, pp. 173-177.

Chin, Wynne W. (1998). Pengaruh ROA dan DER terhadap Harga Saham pada institusi finansial di bursa efek Indonesia periode 2008-2010. University of Huston: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Cohen, J. (1988). Pengaruh EPS, PER, CR, dan ROE terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Hillsdale N.J.: L. Erlbaum Associates.

Desrika, Dewi. (2003). Pengaruh ROA dan ROE terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur di BEI periode 2014-2015.

Engel F. James, Blackwell, D. Roger, Miniard W. Paul, (1994). Perilaku Konsumen, Jakarta: Binapura Aksara.

Elrado, Molden, H., Srikandi Kumadji Edy Yulianto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Loyalitas, (Survei pada Pelanggan yang Menginap di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 2 Oktober 2014|administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goetsch, D.L. & Davis, S. (1994). Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall International, Inc. p.4.

Greenberg, P. (2010) The Impact of CRM 2.0 on Customer Insight. Journal of Business & Industrial Marketing, 25, 410-419.

Grifffin, Jill. (2003). Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Hadi, S. (2013). Metodologi Research. Jilid 3. Yogyakarta: Andi.

Haenlein, M., & Kaplan, A. M. (2004). A Beginner’s Guide to Partial Least Squares Analysis.

Understanding Statistics. 3(4), pp. 283-297.

Hair, J.F. Sarstedt, M. Ringle, C.M., Mena, J.A. (2012). Pengaruh ROA, PER, EPS, DER, dan PBV terhadap harga saham pada PT.bank Negara Indonesia (PERSERO) TBK, periode 2015-2016. J. of the Acad. Mark. Sci. 40: pp. 414-433.

Hartono (2010). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismi Munajilah. (2010). Pengaruh ROA,DER,EPS,dan PER Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Go Publik Sektor Properti di BEI Tahun 2009-2011, Universitas Brawijaya.

Jasfar, Farida, (2005). Manajemen Keuangan, Pendekatan Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia. Kertajaya, H. (2007). Hermawan Kertajaya on Service. Bandung: Mizan Pustaka.

Kotler, P, (2012), Manajemen Keungan , Analisis Faktor-faktor fundamental terhadap harga saham, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 9, Prehallindo, Jakarta.

Kotler, dan Keller. (2016). Manajemen Keuangan. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Ling, C.E., and Run, C.E. (2009). Satisfaction and Loyalty: Customer Perceptions of Malaysian Telecommunication Service Providers, The Icfai University Journal of Service Marketing, Vol. VII, No. 1, pp. 6-18

Lovelock, Wirtz dan Mussry. (2011). Manajemen Keuangan : Manusia, Teknologi, Strategi.

Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R & Hamdani, A. (2006). Manajemen Keungan. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Manimaran, S. (2010). Pengaruh ROA,DER,EPS,dan PER Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Go Publik Sektor Properti di BEI Tahun 2009-201, Journal of Marketing & Communication, Vol. 6, Issue 1, pp. 26-35

Mowen, Jhon C dan Michael Minor. (2002). Pengaruh Faktor – faktor fundamental pada perusahaan -perusahaan real estate yang go public di bursa efek indonesia periode tahun 2007- 2010. Jilid Pertama. Jakarta: Erlangga

Nasution, M.N, (2004). Manajemen Keungan Terpadu (Total Service Management), Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parasuraman, A, Valerie A. Zeithaml, Leonard L. Berry. (1998). SERVQUAL : A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perception Of Service Quality. Journal of Retailing, Vol. 64 No. 1, pp 12-37.

Patyawati (2017), Pengaruh Faktor – faktor fundamental pada perusahaan -perusahaan real estate yang go public di bursa efek indonesia periode tahun 2007- 2010 ] Prosiding Seminar Nasional AIMI Jambi, 27 – 28 Oktober 2017. ISBN: 1234-5678-90-12-1

Peter J. Paul dan Olson Jerry C. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di index LQ45 . ed.New York, USA: Mc Graw Hill

Putri dan Hardi (2017) Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap harga Saham pada seluruh emiten perbankan di indonesia yang terdaftar di bursa efek ind.onesia mulai tahun 2005-2008 Among Makarti, Vol.10 No.19, Juli 2017

Prasetyo, B. dan Jannah, L.M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhman, Arif., Naili Farida2 & Sari Listyorini, (2014), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Studi Pada Pelanggan CV.AHASS Brahma Motor. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 UNDIP

Randi, Muhammad, S., H. ChalilIra Nuriya Sant, (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap harga Saham pada seluruh emiten perbankan di indonesia yang terdaftar di bursa efek indonesia mulai tahun 2005-2008. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS

TADULAKO Vol. 3, No. 2, Mei 2017, 111-122ISSN :2443-3578(On Line)/ISSN : 24431850(Print)

Ratnasari, R.T., dan Aksa, M.H. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Keungan, Bogor : Ghalia Indonesia

Singarimbun, M. dan Effendi, S. (2008). Metode Penelitin. Jakarta: LP3ES.

Starini, Hygid. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap harga Saham pada seluruh emiten perbankan di indonesia yang terdaftar di bursa efek indonesia mulai tahun 2005-2008 Skripsi Tidak Diterbitkan. UniversitasNegeri Yogyakarta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.