Pengaruh Sales Growth, Ukuran Komite Audit Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di BEI Periode 2016-2021

Febriani Tri Setyaning Tyas, Ana Sopanah, Khojanah Hasan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berguna agar dapat memahami dan menganalisa dampak sales growth, ukuran komite audit dan ukuran perusahaan kepada corporate social responsibility dan kinerja keuangan di variabel moderasi. Jenis Riset ini memakai pendekatan kuantitatif. Populasi pada riset ini yaitu perusahaan makanan serta minuman yang berada pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021 dan dilihat pada www.idx.com. Sampel penelitian  mengunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel 18 perusahaan. Dari penelitian menunjukan jika: (1) sales growth tidak berdampak terhadap CSR, dengan nilai signifikansi sebesar 0,370 > 0,05. (2) ukuran komite audit tidak berdampak terhadap CSR dengan nilai signifikansi sebesar 0,420 > 0,05. (3) ukuran perusahaan tidak berdampak terhadap CSR, nilai signifikansi sebesar 0,524 > 0,05. (4) Dengan simultan sales growth, ukuran komite audit dan ukuran perusahaan tidak berdampak terhadap CSR, hal ini dapat ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,139 > 0,05.(5) kinerja keuangan mampu memperkuat pengaruh sales growth terhadap CSR dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.(6) kinerja keuangan dapat memperkuat pengaruh ukuran komite audit terhadap CSR, bersama nilai signifikansi 0,025< 0,05.(7) kinerja keuangan dapat memperkuat pengaruh ukuran perusahaan terhadap CSR, dengan nilai signifikansi 0,030 < 0,05.(8) Secara simultan kinerja keuangan dapat memperkuat pengaruh sales growth, ukuran komite audit dan ukuran perusahaan terhadap CSR dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Sales Growth, Ukuran Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan , Corporate Social Responsibility

 

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of sales growth, audit committee size and company size on corporate social responsibility with financial performance as a moderating variable. This type of research uses a quantitative approach. The population in this study are food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2021 period accessed through www.idx.com. The research sample using purposive sampling technique obtained a sample of 18 companies. The results showed that: (1) sales growth had no effect on CSR, with a significance value of 0.370 > 0.05. (2) the size of the audit committee has no effect on CSR with a significance value of 0.420 > 0.05. (3) firm size has no effect on CSR, the significance value is 0.524 > 0.05. (4) Simultaneously sales growth, audit committee size and company size have no effect on CSR, this can be shown by a significance value of 0.139 > 0.05. (5) financial performance can strengthen the influence of sales growth on CSR with a significance value of 0.000 < 0.05. (6) financial performance can strengthen the effect of audit committee size on CSR, with a significance value of 0.025 < 0.05. (7) financial performance can strengthen the effect of firm size on CSR, with a significance value of 0.030 < 0.05.( 8) Simultaneously financial performance can strengthen the influence of sales growth, audit committee size and company size on CSR with a significance value of 0.000 <0.05.

Keywords: Sales Growth, Audit Committee Size, Company Size, Financial Performance, Corporate Social Responsibility.

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF view : 66 times

Full Text:

PDF

References

Arif, F. A., & Wawo, A. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Assets, 6(2), 177–195.

Ayem, S., & Nuwa, R. T. (2021). Pengaruh likuiditas, leverage dan sales growth terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Forum Ekonomi, Volume 23 Nomor 4, 791-803.

Budiasni, N. W., & Darma, G. S. (2020). Corporate Social Responbility dalam Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal di Bali (Kajian dan Penelitian Lembaga Perkreditan Desa). Lukluk: Nilacakra.

Cho, S. J., Chung, C. Y., & Young, J. (2019). Study on the Relationship between CSR and Financial Performance. Sustainability, Volume 11 Nomor 343, 1-26.

Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan Teori dan Kajian Empiris. Kalimantan Timur: RV Pustaka Horizon.

Febrianti, Dwi. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Corporate Social Responsibility Expenditure dan Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). UniversitasMuhammadiyah Yogyakarta

Jumingan, 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Leischnig, A., Henneberg, S. C., & Thornton, S. C. (2016). Net versus combinatory effects offirm and industry antecedents of sales Growth. Journal of Business Research, 69, 3576–3583.

Munsaidah, S., Andini, R., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, Dan Growth Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014. Journal Of Accounting, Volume 2 Nomor 2, 1-11.

Ningrum, H., Purnama, A. A.,Oktaviana, A., Calista, G., Perwira I. F. A., &Nasim A. (2019). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Perusahaan. Journal of Business Management Education, Volume 4 Nomor 3, 46- 53.

Indriyani, A. D., & Yuliandhari, W. S. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks LQ 45 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, Volume 6 Nomor 1, 1559-1568.

Pudjianti, F. N., & Ghozali, I. (2021). Pengaruh Karakteristik Komite Audit Terhadap Pengungkapan CSR Dengan Keberadaan Manajemen Risiko Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting,Volume 10 Nomor 1, 1-3.

Rivandi, M., & Putra, A. H. (2019). Pengaruh Dewan Komisaris Dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan High Profile Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 8 Nomor 1, 128-141.

Rivandi, M., & Putra, R. J. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, Volume 5 Nomor 2, 513-524.

Setianingrum, V. A. K. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Leverage sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Peursahaan Manufaktur: Basic Industry And Chemicals yang terdaftar di BEI periode 2016 - 2018). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Siagian, B. M., Leon, F. M., & Purba3, Y. E. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi corporate social responsibility dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Volume 4 Nomor 10, 4436-4442.

Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR); Dilengkapi Hasil Penelitian Mengenai Faktor-Faktor yang Menentukan CSR di Perusahaan Manufaktur Indonesia. Jawa Timur: Myria Pubsher.

Yovana, D. G., & Kadir, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 21 Nomor 1, 15-24.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.