Pengaruh Green Product, Green Marketing, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips LED (Studi pada Store Philips Home Lighting di Malang)
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v3i1.3966Abstract
AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Product, Green Marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian lampu Philips LED. Lokasi penelitian ini berada di Store Philips Home Lighting di Malang. Populasi yang menjadi dasar sampel penelitian ini terdiri dari klien Philips Home Lighting Malang yang jumlahnya tidak terhitung. Twofold sampling, juga dikenal sebagai quota sampling dan purposive sampling, adalah metode yang digunakan untuk pengumpulan data untuk penelitian ini. Menurut Peneliti, seluruh ukuran sampel terdiri dari sekitar lima puluh pelanggan yang berbeda. Agar berhasil menggunakan purposive sampling untuk proyek penelitian ini, ada beberapa pernyataan atau kriteria yang perlu dipenuhi, khususnya: 1) Responden harus berusia minimal 17 tahun karena pada era itu, semua orang mampu memahami pertanyaan yang sedang diajukan kepada mereka. 2) Karena responden sebelumnya telah membeli barang Philips LED, maka kemungkinan untuk mengungkap cacat pada produk Philips LED dengan menganalisis data dari promosi, pemasaran, dan pengalaman pengguna sebelumnya. Dalam skenario ini, responden sebelumnya telah membeli produk Philips LED. Metode untuk melakukan penelitian statistik dengan menggunakan analisis Berganda linier regresif. Menurut kesimpulan penelitian, menggunakan metode ramah lingkungan, Green Marketing, dan barang ramah lingkungan mungkin memiliki pengaruh positif dan substansial pada bagaimana pelanggan melihat perusahaan.Kata Kunci: Green Product, Green Marketing, Citra Merek, Keputusan Pembelian.AbstractThis article aims to determine the effect of green product, green marketing and brand image on purchasing decisions for Philips LED lamps. The location of this research is the Philips Home Lighting Store in Malang. The population in this study are consumers of Philips Home Lighting Malang, which is infinite, in the sense that the number is not limited or cannot be known with certainty. The sampling technique in this study was double sampling, namely quota sampling and purposive sampling methods. Researchers determine the number of samples of 50 consumers. In using purposive sampling in this study, there are several conditions/considerations that must be met, namely: 1) Respondents are at least 17 years old because at that time a person is considered an adult and is considered capable of making decisions; 2) Respondents have purchased Philips LED lighting products, so in this case the brand image of Philips LED products can be accommodated through information obtained from promotions, advertisements, and previous consumer experiences. Statistical data analysis technique through multiple linear regression analysis. The results of the study concluded that: green products, green marketing, and brand image, either partially or simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions.Keywords: Green Product, Green Marketing, Brand Image, Purchase Decision.References
Aldilax, D., Hermawan, P., & Mayangsari, L. (2020). The Antecedents of Slow Fashion Product
Purchase Decision Among Youth in Bandung, Jakarta, and Surabaya. International
Conference on Economics, Business and Economic Education 2019, KnE Social
Sciences, Volume 2020, 849-864.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmaja, N. P. C. D., & Utami, N. M. S. (2017). Analisis green marketing, psikologi dan
karakteristik green consumer dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk
organik di Buda Shop Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 12(2), 153-162.
Awan, A. G., & Wamiq, S. (2016). Relationship between environmental awareness and green
marketing. Science International, 28(3), 2959-2963.
Azmi, M. S. (2016). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand Terhadap
Keputusan Pembelian Lampu LED Philips (Studi Kasus pada Konsumen Lampu LED
Philips di Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman). Skripsi. Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Yogyakarta.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cahyadi, Y. (2016). Kajian Komparatif Penerapan Green Campaign di Asia Tenggara.
Kompetensi, 10(1), 49-62.
Choudhary, A., & Gokarn, S. (2013). Green marketing: A means for sustainable development.
Journal of Arts, Science & Commerce, 4(3), 26-32.
Dahlan, M. S. (2013). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel: Dalam Penelitian
Kedokteran dan Kesehatan. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.
Deisy, M., Lapian, J., dan Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan
Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung pada Seluruh Geraigerai Seluler di Center Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 2288-2297.
Delafrooz, N., Taleghani, M., & Nouri, B. (2014). Effect of green marketing on consumer
purchase behaviour. QScience Connect, 5(1), 1-9.
D'Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., & Peretiatkos, R. (2006). Green Products and Corporate
Strategy: An Empirical Investigation. Society and Business Review, 1(2), 144-157.
Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran.
Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Firmansyah, F., Purnamasari, P. E., dan Djakfar, M. (2019). Religiusitas, lingkungan dan
pembelian green product pada konsumen Generasi Z. Iqtishoduna, 15(1), 5-10.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi
Kedelapan. Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grant, J. (2007). The Green Marketing Manifesto. Terjemahan. Edisi Pertama. Cetakan Kedua.
Jakarta: Gramedia.
Gujarati, D. (2003). Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.
Hartini. (2021). Keputusan Pembelian Produk Aqua 1 Green Marketing di Sumbawa Besar
Dilihat dari Green Product dan Green Brand. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2),
-10.
Irandust, M., & Bamdad, N. (2014). The Role of Customer’s Believability and Attitude in Green Purchase Intention. Kuwait chapter of Arabian Journal of Business & Management
Review, 3(7), 242-248.
Karna, J., Hansen, E., & Juslin, H. (2003). Social Responsibility in Environmental Marketing
Planning. European Journal of Marketing, 37(5/6), 848-871.
Kasali, R. (2013). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Katadata Insight Center. (2021). 6 Produk Ramah Lingkungan yang Paling Banyak Dibeli
Masyarakat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/24/6-produk-ramahlingkungan-yang-paling-banyak-dibeli-masyarakat (Diakses 2 Februari 2022).
Kementerian ESDM. (2021). Mengenal produk lampu hemat energi buatan anak bangsa.
https://p3tkebt.esdm.go.id/news-center/arsip-berita/mengenal-produk-lampu-hematenergi-buatan-anak-bangsa (Diakses 2 Februari 2022).
Khoiriyah, S., dan Toro, M. J. S. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesediaan
Membeli Produk Hijau. Jurnal Bisnis & Manajemen, 14(1), 63-76.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson
Pretice Hall.
La Aleiyya, I., Waluyo, H. D., dan Widayanto. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Baru, Citra
Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet Apple iPad (Studi Kasus
Pada Mahasiswa Pengguna iPad dI FISIP UNDIP Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi
Bisnis, 3(2), 1-8.
Larasati, A. D. (2017). Pengaruh Green Product dan Green Price Terhadap Keputusan
Pembelian Produk the Body Shop. Undergraduate Thesis. University of
Muhammadiyah Malang.
Lestari & Kristiningsih (2008). Manajemen Strategik. Surabaya: Fakultas Ekonomi UWK.
Lozada, H. R. (2000). Ecological Sustainability and Marketing Strategy: Review and
Implication. Seton Hall University.
Lubis, D. I. D., dan Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan
Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1),
-24.
Machfiroh, I. S. (2018). Keterkaitan Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Pada Emak di Fried Chicken Pelaihari. Jurnal Humaniora dan Teknologi, 4(1), 25-30.
Maichum, K., Parichatnon, S., & Peng, K-C. (2016). Application of the extended theory of
planned behavior model to investigate purchase intention of green products among Thai
consumers. Sustainability, 8(10), 1-20.
Makatumpias, D., Moniharapon, S., dan Tawas, H. N. (2018). Pengaruh Green Product dan
Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Dimanado. Jurnal
EMBA, 6(4), 4063-4072.
Makower, J., Elkington, J., & Hailes, J. (1993). The Green Consumer. USA: Penguin Group.
Mathur, L. K., & Mathur, I. (2000). An Analysis of the Wealth Effects of Green Marketing
Strategies. Journal of Business Research, 50, 193-200.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian
Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). JURNAL ABIWARA,
(2), 71-83.
Nurgiyantoro, B., Gunawan., dan Marzuki. (2017). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu
Sosial: Teori dan Praktik Dengan IBM SPSS Statistic 21. Edisi Revisi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Octovianus, T. (2018). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand Terhadap
Keputusan Pembelian Lampu LED Philips pada Konsumen di Kota Bandar Lampung.
Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.
Pankaj, K. A., & Vishal, K. L. (2014). Consumer adoption of green products and their role in
resource management. Indian Journal of Commerce and Management Studies, 5(3), 22-
Park, H. M. (2015). Univariate Analysis and Normality Test Using SAS, Stata, and SPSS.
Trustees of Indiana University. This content is released under the Creative Commons
Attribution 3.0 Unported license.
Polinsky. (1994). The Village Earth Model for Sustainable Village Development. Colorado:
Colorado State University.
Polonsky, M. J., & Rosenberger III, P. J. (2001). Re-evaluating green marketing: a strategic
approach. Business Horizons, 44, 21-30.
Prakash, A. (2002). Green Marketing, Public Policy and Managerial Strategies. Business
Strategy and the Environment, 11, 285-297.
Pratama, B. T. N. (2014). Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen (Survey Pada Konsumen Supermarket Superindo cabang Metro
Bandung). Undergraduate Theses from JBPTUNIKOMPP, Universitas Komputer
Indonesia.
Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS: Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta:
MediaKom.
Prothero, A. (1990). Green consumerism and the societal marketing concept: marketing
strategies for the 1990s, Journal of Marketing Management, 6(2), 87-103.
Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., dan Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen the Body Shop di
Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 121-131.
Rajeshkumar, L. (2012). An Overview of Green Marketing. Naamex International Journal of
Management Research, 2(1), 128-135.
Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power Comparisons of Shapiro-wilk, Klomogorov
Smirnov, Lilliefors and Anderson Darling-Tests. Journal of Statistical Modeling and
Analytics, 2(1), 21-33.
Rejeki, D. S., Fauzi, A. D. H., dan Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing pada
Keputusan Pembelian dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada
Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal
Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1-7.
Ridwan, L. M., Solihat, A., & Trijumansyah, A. (2018). Pengaruh Product Knowledge dan
Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago
Pojok. Jurnal Pariwisata, 5(1), 68-82.
Ridwan, M., Fauzi, A. D. H., dan Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh green product, green
advertising dan green brand terhadap keputusan pembelian (Survei pada mahasiswa
jurusan Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Fakultas Ilmu
Administrasi Universitas Brawijaya konsumen air minum kemasan merek ADES).
Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 80-90.
Romadon, Y., Kumadji, S., dan Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap
Brand Image dan Struktur Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Account
Twitter @PertamaxIND Pengguna Bahan Bakar Ramah lingkungan Pertamax Series).
Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 1-7.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan
oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
Sekaran, U. (2011). Research Methods for Business: Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta:
Salemba Empat.
Shabani, N., Mohboobeh, A. M., Taghinejad, H. B., & Fekri, M. N. (2013). The Study of Green Consumers Characteristics and Available Green Sectoris in The Market. International
Research Journal of Applied and basic Science, 2(11), 1882-1883.
Shaputra, R. K. (2013). Penerapan green marketing pada bisnis produk kosmetik. Jurnal
JIBEKA, 7(3), 47-53.
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, M., dan Soeprihanto, J. 2010. Pengantar Bisnis: Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan.
Edisi Kelima. Yogyakarta: Liberty.
Sutisna & Pawitra, T. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tridiwianti, F., dan Harti. (2021), dengan judul: Pengaruh Green Product Awareness dan
Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Body Care. Jurnal
Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1104-1110.
Wu, S-I., & Chen, Y-J. (2014). The Impact of Green Marketing and Perceived Innovation on
Purchase Intention for Green Products. International Journal of Marketing Studies, 6(5),
-100.