Pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Kesadaran Merek
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v3i1.4024Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan pembelian yang dimediasi Kesadaran Merek (studi kasus pada pembeli Sepeda Motor Beat pada Dealer Agung Sejahtera Motor di Kecamatan Lawang Malang). Populasi dalam penelitian ini adalah Berdasarkan member yang pernah terpapar informasi mengenai produk sepeda motor beat di Dealer Agung Sejahtera Motor dan pembeli sepeda motor beat di lokasi Kecamatan Lawang Malang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Non-Probability Sampling, dan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Data diproses melalui software Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan yang semakin baik dapat meningkatkan kesadaran merek dan keputusan pembelian pada suatu produk. Kesadaran merek berperan sebagai mediasi atas pengaruh daya Tarik iklan terhadap keputusan pembelian Sepeda motor beat pada Dealer Agung Sejahtera Motor di Kecamatan Lawang Malang.Kata Kunci: Daya Tarik Iklan, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian.AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of advertising attractiveness on purchasing decisions mediated by brand awareness (a case study on Beat Motorcycle buyers at the Agung Sejahtera Motor Dealer in Lawang District, Malang). The population in this study is based on members who have been exposed to information about beat motorcycle products at the Agung Sejahtera Motor Dealer and beat motorcycle buyers in the Lawang District of Malang. The sampling technique in this study used Non-Probability Sampling, and the sampling method in this study was purposive sampling. Respondents in this study were 50 people. The data is processed through the Smart Partial Least Square (PLS) software.The results showed that the better the attractiveness of advertising can increase brand awareness and purchase decisions on a product. Brand awareness acts as a mediation for the influence of advertising attractiveness on the purchase decision of beat motorbikes at the Agung Sejahtera Motor Dealer in Lawang District, Malang.Keywords:Â Advertising Appeal, Brand Awareness, Purchase Decision.References
Arikunto, Suharsimi, 2005, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi V, Rineka Cipta, Jakarta.
Aaker, David. (2008). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari suatu Merek. Cetakan ketiga. Mitra Utama. Jakarta.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Augusty, Ferdinand, 2006, Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Durianto, D ., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hardiyanti, Putri. (2019). “Pengaruh Daya tarik Iklan dan Brand Image terhadap Brand Awareness kerudung Instan Rabbani â€.Skripsi. Jambi: Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi. Diakses pada tanggal: 16 Juni 2022 pukul 21.00.
Immawati, Siti Asriah (2018). Desain kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Kesadaran Merek Dan Dampaknya pada Minat beli ulang Teh Botol sosro. Prosiding Seminar Nasional Unimus.Vol.1.
Kotler dan Keller. (2004). Principle Of Marketing, 15th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.
Keller,Kevin L. (2008). Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity, 3rd ed. Prentice Hall Internasional Inc. New Jersey.
Kotler, P. and K. L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Penerjemah: Bob Sabran edisi 13 jilid 2, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komuniakasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prastiyani, Mbajeng. & Suhartono. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kulaitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone ADVAN Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen. Vol. 7
Riyanto, M. (2008). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Singarimbun, M., dan Effendi, S., 2006, Metode Penelitian Survei, Cetakan ke 18, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.
Simamora, Henry. 2002. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat
Sofyan, A. J. J. R. G. P. (2004). "Manajemen Pemasaran."