Pengaruh Kreatif Iklan Terhadap Efektif Iklan Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen PT. JASA KOPRA SEJATI Di Pasuruan)
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v3i1.4213Abstract
AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai adapun tujuannya ialah : Menganalisis signifikansi pengaruh kreatif iklan terhadap keputusan pembelian, menganalisis signifikansi pengaruh kreatif iklan terhadap efektif iklan, menganalisis signifikansi pengaruh efektif iklan terhadap keputusan pembelian, menganalisis signifikansi pengaruh kreatif iklan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi efektif iklan. Penelitian ini untuk menganalisis signifikansi pengaruh kreatif iklan terhadap efektif iklan serta implikasinya pada keputusan pembelian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Penelitian ini menggunakan model SEM (Structural Equation Modelling) berbasis variance atau yang lebih dikenal dengan SEM-Partial Least Square (PLS). PT. Jaya Kopra Sejati didirikan oleh Bapak Didin Cahyadi pada Tahun 2015 yang berperan sebagai penanggung jawab penuh perusahaan tersebut hingga sekarang. Bermula dengan jumlah karyawan sebanyak 20 orang dan terus meningkat hingga sekarang menjadi 80 orang dikarenakan dengan meningkatnya permintaan produksi.PT. Jaya Kopra Sejati memproduksi produk busa yang berjenis HDP (Hight Density Padding). Beralamat di Desa Jatitengah Kidul, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, dengan sistem produksi yang terpusat dan dikontrol dengan ketat sehingga memberikan produk yang berkualitas tinggi.Kata Kunci: Kreatif Iklan, Efektif Iklan, Keputusan Pembelian. AbstractThis study has the objectives to be achieved while the objectives are: Analyzing the significance of the influence of creative advertising on purchasing decisions, analyzing the significance of the influence of creative advertising on effective advertising, analyzing the significance of the effect of effective advertising on purchasing decisions, analyzing the significance of the influence of creative advertising on purchasing decisions mediated by effective advertising . This study is to analyze the significance of the effect of creative advertising on advertising effectiveness and its implications for purchasing decisions. The approach used is a quantitative approach. The type of research used in this research is explanatory research. This study uses a variance-based SEM (Structural Equation Modeling) model or better known as SEM-Partial Least Square (PLS). PT. Jaya Kopra Sejati was founded by Mr. Didin Cahyadi in 2015 who has been in full responsibility for the company until now. Starting with the number of employees as many as 20 people and continues to increase until now to 80 people due to the increasing demand for production.PT. Jaya Kopra Sejati produces foam products of the HDP (Hight Density Padding) type. Located in Jatitengah Kidul Village, Sukorejo District, Pasuruan, with a centralized and tightly controlled production system so as to provide high quality products.Keywords: Creative Advertising, Effective Advertising, Purchase Decision.References
Aaker, D. A., & Stayman, D. M. (1990). Measuring audience perceptions of commercials and relating them to ad impact. Journal of Advertising Research, 30(4), 7-17.
Aaker, D. A., & Bruzzone, D. E. (1985). Causes of Irritation in Advertising. Journal of Marketing, 49(2), 47-57.
Abdillah, W., dan Jogiyanto, H. M. (2009). Partial Least Square (PLS): Alternatif SEM dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Adi, E. P. (2016). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Aqua “Versi Ada Aquaâ€. Skripsi. Program Studi Manajemen - Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Alam, F. R. (2011). Pengaruh Kreativitas Iklan, Need for Uniqueness & Need for Cognition Terhadap Sikap dan Minat Membeli Konsumen. Tesis. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Indonesia, Jakarta.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasara Jasa. Bandung: Alfabeta.
Andiyaksa, M., & Khasanah, I. (2017). Pengaruh Pesan Iklan, Kreativitas Iklan, Kreadibilias Celebrity Endoser dn Media Komunikasi Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Sampo Lifebuoy. Diponegoro Journal of Management, 6(2), 134-144.
Aribowo, A. S. (2008). Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Niat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Konsumen Rokok Pemirsa Iklan Rokok Star Mild Televisi di Universitas Sanata Dharma). Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assael, H. (2001). Consumer Behavior. 6th. New York: Thomson Learning.
Bagaskara, A., Qomariah, N., dan Izzudin, A. (2021). Dampak Iklan Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember). Artikel Ilmiah: Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Jember.
Balawera, A. (2013). Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 2117-2129.
Belch, G. E. & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective 8th Edition. New York: McGraw-Hill.
Bilby, J., Reid, M., Brennan, L., & Chen, J. (2020). Tiers and fears: an investigation of the impact of city tiers and uncertainty avoidance on Chinese consumer response to creative advertising. Australasian Marketing Journal, Elsevier, 28(4), 332-348.
BPS. (2022). [Seri 2010] Distribusi PDB Triwulanan Seri 2010 Atas Dasar Harga Berlaku (Persen), 2021. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indicator/11/106/1/-seri-2010-distribusi-pdb-triwulanan-seri-2010-atas-dasar-harga-berlaku.html (Diakses 10 Maret 2022).
Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Chattopadhyay, A., & Basu, K. (1990). Humour in Advertising: The Moderating Role of Prior Brand Evaluation. Journal of Marketing Research, 27(4), 466-476.
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modeling. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences. Hillsdale, NJ: Erlbaum.
Demir, P. (2017). Consumers’ Perceptions of and Responses to Creative Advertising. Doctoral Dissertation. University of Westminster, London.
Geisser, J. R. (1975). The Predictive Sample Reuse Methode with Application. Journal of The American Statistical Association, 70, 320-328.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, Jr. F. H., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th ed. Upper Saddle River: Prentice Hall.
Hakim, B. (2005). Lanturan tapi Relevan: Dasar-dasar Kreatif Periklanan. Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Galangpress.
Handoko, T. H. (2015). Manajemen. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPEF.
Handoyo, S. (2004). Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Lux (Studi Pada Konsumen di sekitar Wilayah UPN Veteran Yogyakarta). Telaah Bisnis, 5(2), Desember 2004.
Hartono, J. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.
Huhmann, B. A., & Limbu, Y. B. (2020). Creative Advertising Executions Encourage the Processing Advantages of Product Familiarity. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 41(2), 206-228.
Jia, D., Sun, C., Zhou, Z., Zhau, Q., Yu, Q., Liu, G., & Wang, Y. (2021). The Role of Creative Publicity in Different Periods of the COVID-19 Outbreak in China: Taking the Creative Publicity of Chinese Poetry as an Example. Frontiers in Psychology, 12(600818), 1-10. DOI: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33643133/
Kemenperin RI. (2022). Kinerja Industri: Ekspor Impor Hasil Industri Pengolahan (Laporan Ekspor Impor Hasil Pengolahan-2021 November). Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://www.kemenperin.go.id/kinerja-industri (Diakses 14 Maret 2022).
Kennedy, J. E., dan Soemanagara, R. D. (2009). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Airlangga.
Kumar, D. P., & Raju, K. V. (2013). The role of advertising in consumer decision making. IOSR: Journal of Business and Management, 14(4), 37-45.
Lau, G., & Lee, S. H. (1999). Consumers' Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4, 341-370.
Lee, M., & Carla, J. (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media.
Lutfi, M., dan Suryadi, A. (2020). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E-Commerce XYZ di Surabaya. Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, 1(6), 97-108.
Madden, T. J., Allen, C. T., & Twible, J. L. (1988). Attitude Toward the Ad: An Assessment of Diverse Measurement Indices Under Different Processing “Setsâ€. Journal of Marketing Research, 25(3), 242-252.
Madjadikara, A. S. (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Jakarta: Gramedia Pustaka.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munthe, N. (2018). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Bukalapak Versi Parodi Malin Kundang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Program Studi Strata 1 Manajemen, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Murad, S., dan Rafsanjani, A. (2016). Pengaruh Kreatifitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfren di Kota Banda Aceh (Studi pada Pelanggan Smartfren di Kota Banda Aceh). JIMMA: Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 6(1), 1-18.
Nafanu, S. (2020). Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten TTU. EKOPEM: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(3), 31-45.
Notoatmodjo. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Novianto, R. A. (2017). Pengaruh Efektifitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Iklan Handphone Samsung Galaxy Ace 3 Versi “Bantu Joni Sekarang Untuk Pindah Ke Smartphone Beneran†Mengunakan Epic Model (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Universitas Brawijjaya Malang, 5(2), 1-32.
Nugroho, A. W. (2013). Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matik Yamaha di Semarang. Dokumen Karya Ilmiah: Tugas Akhir. Program Studi Manajemen-S1, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Reinartz, W., & Saffert, P. (2013). Creativity in Advertising: When it Works and When it Doesn’t. Harvard Business Review, 91(6), 106-111.
Rizaty, M. A. (2022). Ekspor Furnitur Indonesia. databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/01/ekspor-furnitur-indonesia-capai-rp-286-triliun-as-pasar-terbesar (Diakses 10 Maret 2022).
Santoso, S. (2011). Structural Equation Modeling. Edisi 1. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
Schultz, D. E., & Tannenbaum S. I. (1996). Essentials of Advertising Strategy. Chicago: NTC Publishing Group.
Setyowirasti, A., dan Mudiantono. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Iklan, Brand Equity (Studi pada Sabun LUX di Area Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1-14.
Sharma, P. (2012). Advertising Effectiviness: "Understanding the Value of Creativity in Advertising", a Review Study in India. Online Journal of Communication and Media Technologies, 2(3), 1-10.
Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Shimp, T. A. (2004). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Terjemahan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Singarimbun, M., dan Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Stone, G. C., Besser, D., & Lewis, L. E. (2000). Recall, Liking, and Creativity in TV Commercials: A New Approach. Journal of Advertising Research, 40(3):7-16.
Sufa, F., dan Munas, B. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap. Diponegoro Journal of Management, 1, 226-233.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, P. (2011). Analisis Pengaruh Efektifitas Iklan Internet dan Kelompok Referensi Terhadap Persepsi Kualitas dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Produk Blackberry. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D. (2013). Metode dan Instrumen Penelitian: Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: CAPS.
Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Sutisna & Pawitra, T. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, A. (2011). Metotologi Penelitian Praktis. Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Teras.
Tevi, A., & Koslow, S. (2018). How rhetoric theory informs the creative advertising development process: reconciling differences between advertising scholarship and practice. Journal of Advertising Research, 58(1), 111-128.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.
Young, J. W. (1975). A Technique for Producing Ideas. 3rd Edition. Chicago: Crain Books.
Yulindo, K. P. (2013). Pengaruh Atribut-atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang. Jurnal Manajemen, 2(1), 1-17.