Pengaruh Triple Bottom Line : Profit, People, Planet Terhadap Nilai Perusahaan Pada Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Eko Teguh Leksono Universitas Widyagama Malang
  • Gunarianto Gunarianto Universitas Widyagama Malang
  • Khojanah Hasan Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/wnceb.v3i1.4556

Abstract

AbstrakIndikator dampaknya terhadap nilai perusahaan adalah ROA. Hal ini menunjukkan kontribusi yang cukup besar terhadap profitabilitas dengan nilai 0,5488032. Hal ini menggambarkan bahwa jika profitabilitas perusahaan meningkat maka nilainya akan meningkat sebesar 54%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja Triple Bottom Line mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan yang bergerak di bidang bahan baku dan merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Dua belas perusahaan dengan peringkat PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi sampel penelitian.Dengan menggunakan perangkat lunak Stata/MP 14.2, analisis regresi data panel digunakan untuk menguji data sekunder untuk penelitian ini, yang diperoleh dari laporan tahunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan meningkat secara signifikan melalui profitabilitas, tanggung jawab sosial perusahaan, dan kinerja lingkungan.Kata Kunci: Triple Bottom Line, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Kinerja Lingkungan, Nilai Perusahaan.AbstractFinding the impact of Triple Bottom Line performance on firm value was the aim of this study. This study is an associative quantitative study that makes use of secondary data from raw material-related businesses. The research sample included of twelve businesses that received a PROPER rating from the Ministry of Environment and Forestry. With the use of Stata/MP 14.2 software, panel data regression analysis was utilized to examine the secondary data for this study, which was acquired from the annual report. The results of this study show that firm value is significantly increased by profitability, corporate social responsibility, and environmental performance.Keywords: Triple Bottom Line, Profitability, Corporate Social Responsibility, Environmental Performance, Company Value

References

Adlan, M. A. (2022). Pengaruh Penerapan Green Accounting Dan Environmental Performance Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Bahan Baku yang Memperoleh Peringkat Pada PROPER KLHK) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Agustina, S. (2013). Pengaruh profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi, 1(1).

Arowoshegbe, A. O. et al. (2016). Sustainability and triple bottom line: An overview of two interrelated concepts. Igbinedion University Journal of Accounting, 2(16), 88-126.

Astika, I. G. et al. (2019, December). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen Dan Ukuran

Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2015-2018. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 574-585).

Fauzi, H. et al. (2010). “Triple bottom line†as “Sustainable corporate performanceâ€: A

proposition for the future. Sustainability, 2(5), 1345-1360.

Felisia, F. et al. (2014). Triple Bottom Line dan Sustainability. Bina Ekonomi, 18(1), 27607. Firmansyah, D. et al. (2020). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good

Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-jurnal

Akuntansi, 30(1), 163-178.

Hammer, J. et al. (2017). The triple bottom line and sustainable economic development theory and practice. Economic Development Quarterly, 31(1), 25-36.

Handayani, S. (2019). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui

Kinerja Keuangan. Jurnal Analisis Manajemen, 5(1), 45-51.

Karina, D. R. M. et al. (2020). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan GCG sebagai

pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37-49.

Latifah, S. W. (2020). Triple Bottom Line Terhadap Nilai Perusahaan, Gross Profit Margin

Sebagai Indikator Ekonomi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 4(4), 544-563. Limijaya, A. (2014). Triple bottom line dan sustainability. Bina Ekonomi, 18(1).

Line, T. B. (2017). Analisis Pengungkapan Triple Bottom Line dan Faktor yang

Mempengaruhi. Jurnal Equity, 3(4).

Nahda, K. et al. (2011). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan corporate governance sebagai variabel moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1).

Nofrita, R. (2013). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan

Deviden sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang

Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 1(1).

Onyali, C. I. (2014). Triple bottom line accounting and sustainable corporate performance. Research Journal of Finance and Accounting, 5(8), 195-209.

Robiyanto, R. et al. (2020). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Perhotelan Dan Pariwisata Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(1), 46-57.

Sawitri, A. P. (2017). Analisis pengaruh pengungkapan akuntansi lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. In Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama: Peningkatan Ketahanan Ekonomi Nasional dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global. Malang (Vol. 17, pp. 177-187).

Sawitri, A. P. et al. (2018). Analisis pengaruh pengungkapan sustainability report, kinerja keuangan, dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Journal of Business and Banking, 7(2), 207-214.

Siahaan, Y. (2017). Pengaruh Determinan Triple Bottom Line Reporting Terhadap Nilai

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Stoddard, J. E. et al. (2012). The triple bottom line: A framework for sustainable tourism development. International Journal of Hospitality & Tourism Administration, 13(3), 233-

Tjahjono, S. et al. (2013). Pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 4(1), 17905.

Tjahjono, S. et al. (2013). Pengaruh kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 4(1), 17905.

Tullberg, J. (2012). Triple bottom line–a vaulting ambition?. Business ethics: A European review, 21(3), 310-324.

Wulandari, C. et al. (2022). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate

social responsibility sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi

(JIRA), 11(6).

Żak, A. (2015). Triple bottom line concept in theory and practice. Social Responsibility of

Organizations Directions of Changes, 387, 251-264.

Zanny, S. A. et al. (2016). Analisis Pengungkapan Triple Bottom Linedan Faktor yang

Mempengaruhi; Lintas Negara Indonesia dan Jepang. Jurnal Vokasi Indonesia, 1(1).

Downloads

Published

2022-11-21

Issue

Section

Articles