Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Serta Implikasinya Pada Kepuasan Kerja
DOI:
https://doi.org/10.31328/wnceb.v3i1.6618Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris :  1) Pengaruh langsung karakteristik pekerjaan dan budaya organisasi terhadap kompetensi dan kepuasan kerja, serta kompetensi terhadap kepuasan kerja; 2) Pengaruh tidak langsung karakteristik pekerjaan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dimediasi kompetensi pada pegawai Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori, didukung 34 partisipan/responden. Metode penarikan sampel yang dipergunakan yaitu “Sampling Jenuh (Total Sampling) atau Sensus.  Metode analisis data mempergunakan analisis Statistik Deskriptif (Distribusi Frekwensi Jawaban Responden) dan analisis Statistik Inferensial (Analisis Jalur), selanjutnya diproses dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman akan karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh pada kompetensi; 2) Budaya organisasi tidak berpengaruh pada kompetensi; 3) Pemahaman akan karakteristik pekerjaan berpengaruh pada kepuasan kerja; 4) Budaya organisasi tidak berpengaruh pada kepuasan kerja; 5) Kompetensi berpengaruh pada kepuasan kerja; 6) Pemahaman akan karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh pada kepuasan kerja, dimediasi kompetensi, dan; 7) Budaya organisasi berpengaruh pada kepuasan kerja, dimediasi kompetensi pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan.References
Al Khalil, Abdul Hamid. 2017. Effects of Job Characteristics on Employee Satisfaction in the Public Radio Stations in Syria. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 7, No. 9.
Andriani, Rian. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Bank BTN di Bandung. Jurnal Ekonomi, Manajemen & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 2 No. 2.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Coelho, Filipe & Mario Augusto. 2010. Job Characteristics and the Creativity of Frontline Service Employees. Journal of Service Research, 13(4) 426-438.
Darsono dan Tjatjuk Siswandoko. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.
Dessler, Gary. 2013. Human resource management. Harlow: Pearson Education Limited.
Hasibuan, Malayu S.P. 2015. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hazem S. Kassem and Ahmed M. Sarhan. 2013. Effect of Job Characteristics on Satisfaction and Performance: A Test in Egyptian Agricultural Extension System. AJAR. Vol. 8 (48), pp.6126-6130, 12
December, 2013 DOI: 10.5897/AJAR09.698ISSN 1991-637X ©2013AcademicJournals http://www.academicjournals.org/AJAR
Jeon, Jeong Rian., Aejoo Lee & Nian Chen. 2014. Effect of Compentency at Work on Job Satisfaction and Organizational Commitment in the Restaurant Industry. 13th Asia Pacific Forum for Graduate Students Research in Tourism.
Koko Herawan M. Djudi, Mukzam Gunawan Eko, Nurtjahjono. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Malang Kawi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 1 No. 1 Januari 2015
Lubis, Suryana Tessa. Jumiati Sasmita, dan Rovanita Rama. 2017. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Komunikasi Internal, dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT. Citraciti Pacific Pekanbaru. JOM Fekon, Vol 4 No. 1(Februari).
Lubis, Y. 2012. Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Iklim Organisasi terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Trikonomika, Volume 11, No. 2.
Luthans, Fred. 2011. Perilaku Organisasi. Yogayakarta: Andi.
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nawawi, Hadari. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhamida,; Nelmida, dan Ice Kamela. 2015. Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Lingkungan Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat. Artikel Ilmiah. Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta. pp 1-18.
Pranazhira, GP.Ranisa & Anggraini Sukmawati. 2017. Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Work Engagement Karyawan UKM Susu Kambing Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen dan OrganisasiVol VIII, No 1, April2017.
Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Robbins, P. Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. 2015. Perilaku Keorganisasian: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Jakarta: Prenhallindo.
Salim dan Syahrum, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sayeeduzzafar Qazi., Mohammad Saleh Miralam & Pretty Bhalla. 2017. Organizational Culture and Job Satisfaction: A Study of Organized Retail Sector. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), Vol. 12 Issue 1
Sekaran, Uma. 2011. Research Methods for Business, Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.
Sungadi. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Pustakawan (Studi Kasus pada Universitas Islam Indonesia Yogyakarta). Journal of Library and Information Science, Vol. 2 No. 1.
Thoha, Miftah. 2012. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tumewu, Eva. Bode Lumanauw, dan Imelda Ogi. 2014. Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, dan Karakteristik Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Reborn Creative Center (Event Organizer) Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal. 532-542
Wahjono, Sentot Imam. 2010. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.