HUBUNGAN ANTARA MARKETING MIX DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK DI KIOS GRANARI FRESH SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ja.v14i1.1023Keywords:
marketing mix, pengambilan keputusan, sayuran hidroponik, hydroponic decision making, vegetableAbstract
ABSTRAKSalah satu perusahaan dalam bidang agribisnis yang memproduksi sayuran hidroponik di Jawa Tengah adalah PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan (HAB) yang berlokasi di Bandungan Jl. Mangoenkoesoemo, Ngasem, Bandungan Kabupaten Semarang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara Marketing mix dengan keputusan pembelian sayuran hidroponik di PT. HAB. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 konsumen Sayuran Hidroponik PT. HAB. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa marketing mix memiliki hubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik ABSTRACT           One of the agribusiness companies that produce hydroponic vegeTabels in Central Java is PT. Hydroponics Agrofarm Bandungan (HAB) located in Bandungan Jl. Mangoenkoesoemo, Ngasem, Bandungan, Semarang Regency. The purpose of this study was to analyze the relationship between marketing mix with the purchase decision of hydroponic vegeTabels at PT. HAB. This research was conducted in April - May 2019. This type of research is quantitative descriptive, sampling techniques using accidental sampling. Respondents in this study were 50 consumers of VegeTabel Hydroponics at PT. HAB. Data collection was obtained by interview, questionnaire, observation and literature study. The data analysis technique used is the Spearman rank correlation. The results of this study stated that the marketing mix has a significant relationship to purchasing decisions for hydroponic vegetables.References
Ahman, E. d. (2009). Teori Ekonomi Mikro. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Anginpora, M. (2002). Dasar - dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Balawera, A. (2013). Green Marketing dan Corpotare Social Responsibility PengaruhnyaTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat. Beli Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajeman, Bisnis dan Akutansi , Vol. 1 No 4.
Dwityanti, E. (2008). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Layanan Internet Banking (Studi Kasus Pada Karyawan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta .Progam Studi Magister Manajeman Progam Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, semarang. Tesis
Ghanimata, F. d. (2012). Analisis Pengaruh Harga, . Kualitas, Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.Semarang: Universitas Diponegoro.
Heizer, J. R. (2006). Opration Management. Edisi Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, . Perencanaan, . Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, dan keller. (2012). Manajeman Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Mursid, M. (2006). Manajeman Pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Philip, Kotler. (2000). Manajeman Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan. Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung . Bonorowo , Vol.1 No. 2.
R. Rosliani, N. Sumarni, (2005). Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Lembang: Balai . Penelitian Tanaman Sayuran.
Siregar, S. (2010). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi, Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 2017. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar, Huaein. (2005). Metode Penelitian . Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Wangko, M. (2013). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Panther Pada PT. Astrea Internasional. Ejournal , Manado.
Wibowo, A. B. (2015). Pengaruh Suasana Toko, Promosi dan Lokasi Terhadap Minat . Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin. Skripsi: Fakultas Ekonomi Univ ersitas Negri Yogyakarta.