ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK SINGKONG DI PERUSAHAAN “ MICKEY MOUSE “ DI MALANG

Authors

  • Ismini -

DOI:

https://doi.org/10.31328/ja.v4i2.140

Abstract

Penelitian ini  dilakukan di perusahaan “Mickey Mouseâ€Â  Malang dengan pertimbangan bahwa merupakan sentra industrI keripik singkong,  salah satu produk unggulan kota Malang serta  dalam memperoleh bahan baku  dekat dengan sentra produksi . Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan  analisis nilai tambah, analisis faktor lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan matrik SWOT, analisis tipe bisnis dan daur hidup produk  menggunakan matrik BCG dan PLC dan analisis bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis nilai tambah yang diperoleh sedangkan keuntungan yang diperoleh  sebesar 68,15% per kg produk keripik singkong. Strategi yang dilakukan dengan pengaruh lingkungan eksternal maupun internal dengan cara mempertahankan mutu produk. Dengan melalui analisis tipe bisnis konsep BCG menunjukkan bahwa laju pertumbuhan secara rata-rata sebesar 12,65 % dengan pangsa pasar relatif tinggi sebesar 12,65 % , hal ini bila dikaitkan dengan menggunakan kriteria PLC ( Product life cycle ), produk perusahaan pada tahap  pertumbuhan. Untuk strategi bauran pemasaran melakukan beberapa strategi diantaranya : produk,harga, distribusi dan strategi promosi. Kata kunci : keripik singkong, nilai tambah, pemasaran, strategi

Downloads

Published

2010-11-10

Issue

Section

Articles