ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU LED PHILIPS (STUDI PADA KONSUMEN DI DESA KESIMAN KECAMATAN TRAWAS)

Authors

  • Muhammad Aziz Hubban Nashrulloh Program Studi Manajemen - Universitas Widyagama Malang
  • Bambang Budiantono Program Studi Manajemen - Universitas Widyagama Malang
  • Wahju Wulandari Program Studi Manajemen - Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v2i1.1081

Keywords:

Green Product, Green Price, Green Promotion, Green Place, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Green Product, Green Price, Green Promotion, dan Green Place terhadap keputusan pembelian lampu LED Philips. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden dengan kriteria konsumen yang sudah menggunakan lampu LED Philips lebih dari satu tahun. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Green Product, Green Price, Green Promotion, dan Green Place berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian lampu LED Philips sebesar 87,9%. Nilai pengaruh terbesar yaitu variabel Green Product, karena produklampu LED Philips memiliki daya tahan yang lama dan hemat energi sertaramah lingkungan yang dapat mengubah gaya hidup untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

References

Al-Bakri Thamer Yasser and Al-Nouri, Ahmad Nizar. (2007). Green Marketing. ALYazuri Scientific for Publishing and Distribution.

Aldoko, D. 2016. Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 40 No.2 November 2016

Arikunto, Suharsini. 2000. Manajemen Penelitian, Edisi Baru, Jakarta: Rineka Cipta

Byrne, M. 2003. “Understanding Consumer Preferences Across Environmental

Marketing Mix Variationsâ€. OIKOS University of Newcastle.

Carolyn Greta, Savitri Elok. 2013. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli (Purchase Intention) Konsumen Terhadap Produk Perawatan Diri Berbahan Organik (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Indonesia). FE-UI, 2013

Indra, E. K.dan Surya, J. 2017. Pengaruh Strategi Green Marketing dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung) Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol. 1 (1): hh.33-49 (Mei 2017) ISSN (Online) 2599-0837,

Kotler, P. dan Keller, K.L.,2006, “Manajemen Pemasaranâ€, Cetakan 2, Edisi 12, Jilid 1, Alih bahasa: Benyamin Molan. Penerbit PT INDEKS

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid I&II, Edisi Indonesia, Jakarta: PT. Prenhallindo

Kumastuti, Fitri. 2011. Pengaruh Harga, Atribut Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telepon Seluler Sony Ericsson (Studi Kasus di Kabupaten Temanggung). Semarang: UNDIP

Lovia Friska, Panjaitan. M. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (studi: Cluster Whelford di Bumi Serpong Damai. FISIP UI, 2014

Monografi Desa Kesiman 2018

Norm Borin, Joan Lindsey-Mullikin and R. Krishnan. (2013). An analysis of consumer reactions to green strategies. 118-128.

Noor, A.M.N., A. Muhammad., A. Kassim., C. Z. M. Jamil, N. Mat., dan H. S. Salleh. 2012. Creating Green Consumers: How Environmental Knowledge and Environmental Attitude Lead to Green Purchase Behavior? International Journal of Arts & Sciences, 5 (1): 55-71

Peattie, “Shifting to a Greener Paradigmâ€, Greener marketing, A Global Perspective on Greening Marketing practice. Edited by Charter M and Polonsky M, Greenleaf Publishing Limited, 1999 pg. 57-70.

Polonsky, M. J. (1994). An Introduction to Green Marketing. Electronic Green Journal.

Rahman Fatur, Pamasang Siburian, Noorlitaria Gusti.2017. Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda. Forum Ekonomi Volume 19, No. 1 2017

Tiwari, Sandeep, Durgesh Mani Tripathi, Upasana Srivastava, and PK, Yadav. 2011. Green Marketing-Emerging Dimensions. Journal Of Business Excellence.

Tjiptono, Fandy., dkk (2008). Pemasaran Strategik.Yogyakata: CV Andi

Wulandary Putri, Widodo Arry. 2018. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dalam memilih Produk Elektronik. e-Proceeding of Management : Vol.5, No.1 Maret 2018 | Page 103

https://www.ewweb.com/green-news/philips-lighting-honors-distributors-green-marketing

https://www.media.neliti.com

Downloads

Published

2019-11-08

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship