PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN AUDIO SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 2 SDN 1 KILENSARI PANARUKAN SITUBONDO
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v2i1.1097Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Media AudioAbstract
Pemanfaatan teknologi dan media biasanya digunakan guru sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran di kelas. Saat ini teknologi dianggap merupakan seluruh solusi di dalam kelas. Komputer dan teknologi lainnya tidak membuat guru menjadi lebih bisa sebab tuntutannya guru harus berpengalaman dalam penerapan teknologi. Salah satu kemajuan terbaru dalam teknologi adalah kemampuan menyimpan informasi dalam format digital. Para siswa SD biasanya menghabiskan kira-kira 50% dari waktu sekolah mereka hanya berupa menyimak. Olehkarena itu, pentingnya pengalaman audio dalam kelas seharusnya tidak diremehkan.Audio menjadi salah satu media alternatif yang dapat membantu siswa agar memperkaya pengalaman belajar dengan kemampuan mendengarkan dan menyimak. Hasil observasi di lapangan tentang penggunaan media alternatif masih dirasa kurang karena siswa masih membaca pada buku saja. Tanpa mereka tahu bagaimana cara pengejaan kata yang benra dan artikulasinya. Maka dari itu dengan terciptanya inovasi baru di bidang pendidikan yakni media audio pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menyimak teori. Metode yang digunakan yakni metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dimana dengan metode tersebut dapat menyelesaikan masalah hingga uji coba produk dan produksi secara masal. Pembuatan media audio pembelajaran untuk pembelajaran menyimak bahasa Inggris kelas 2 SD terkait dengan materi animal and my classroom telah menghasilkan suatu produk yang disertai dengan petunjuk operasional didalamnya. Produk ini memiliki jenis file .mp3 sehingga dapat dioperasikan pada komputer berjenis apa saja, tanpa perlu menginstal software apapun. Terdapat audio berdurasi masing-masing 5 menit dengan soal latihan yang berbeda. Hasil dari validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 82%. Angka tersebut masuk dalam kategori “Sangat Baik†untuk diujicobakan. Validasi oleh ahli media menunjukkan hasil persentase sebesar 80.8%, yang berarti masuk dalam kategori “Sangat Baik†untuk diujicobakan. Hasil penilaian oleh guru bahasa Inggris menunjukkan persentase sebesar 86.2%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€.References
Arsyad, Azhar.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian sebagai suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Kusuma, Henny, Widyaningrum.2015. Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongen anak pada siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Premiere Educandum, Vol.5 No.2, Desember 2015: 200209.
Laily, Riska, dkk. 2012. Pengembangan media audio Visual materi narrative teks untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SMA. Jurnal Tekno-Pedagogi Vol.2 No.1 Maret 2012 : 66-86
Munadi, Yudhi.2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Press
Nur, Arifah Fita. 2016. Menjadi Guru teladan, kreatif, inspiratif, motivatif dan professional. Yogyakarta: araska publisher
Sadiman, Arief. S,dkk. 2014. Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo persada
Sharon, Deborah, James.2014. Instructional Technology and Media for Learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: kencana
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.