SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DAERAH PENJUALAN PRODUK MAMYPOKO MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS DI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v2i1.1121Keywords:
mamypoko, sistem pendukung keputusan, fuzzy c-meansAbstract
Tim marketing mamypoko tersebar di beberapa kota di indonesia. Salah satunya adalah kota malang yang memiliki beberapa kecamatan. Dalam pemasarannya terdapat beberapa daerah yang penjualan produk mamypoko nya rendah . Oleh sebab itu Untuk mengatasi kendala penjualan produk mamypoko diperlukan data-data penjualan yang spesifik pada daerah - daerah tertentu yang memiliki masalah tersebut. Maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk mengetahui daerah penjualan di malang raya yang memiliki kriteria penjualan mamypoko standard, mamypoko extra dry dan mamypoko extra soft. Metode Fuzzy C-Means  adalah salah satu teknik pengclusteran data yang mana keberadaan tiap-tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Analogi sederhana dalam menyelesaikan masalah dengan metode Fuzzy C-Means adalah mengetahui daerah yang akan dilakukan promosi atau sosialisasi produk mamypoko untuk meningkatkan penjualan dan mengetahui jumlah pasar di malang raya. Dengan data yang sudah dikelompokan menggunakan metode Fuzzy C-means diharapkan dapat mempermudah tim marketing mamypoko dalam menghitung hasil penjualan ditiap daerahnya agar mengetahui daerah mana yang menghasilkan penjualan terbanyak, sedang dan sedikit.References
Kes, M., Hardhana, B., Siswanti, T., Sibuea, F., Widiantini, W., Susanti, M. I., … Maula, R. (2018). Pusdatin Kemenkes RI Tahun 2018.
Deniarni, L., & Lisnawati. (2016). Analisis Persepsi Virtual Brand Community Terhadap Kinerja Ekuitas Merek Disposable Diaper Merek Sweety (Survei Pada Anggota Fan Page Facebook Bunda Cermat). Journal of Business Management and Enterpreneurship Education, 1(1), 158–173.
Firman, A., Wowor, H. F. and Najoan, X. (2016) ‘Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web’, E-journal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), pp. 29–36.
Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Infromasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMR.756-759.138
Wibisono, G., & - AMIK BSI Yogyakarta, W. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Evolusi, 3(2). https://doi.org/10.2311/evo.v3i2.241
Mas`udia, P. E., Arinie, F., & Mustafa, L. D. (2018). Clustering Data Remunerasi Dosen Untuk Penilaian Kinerja Menggunakan Fuzzy c-Means. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(1), 288–294. https://doi.org/10.29207/resti.v2i1.97
Muchsin, A. K., & Sudarma, M. (2017). Penerapan Fuzzy C-Means Untuk Penentuan Besar Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa Baru. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 6(3), 175. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2015.v06.i03.p04
Kemala, R. F., Astuti, I. F., & Maharani, S. (2019). Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi TOEFL (Test Of English As A Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas MIPA Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 14(1), 17. https://doi.org/10.30872/jim.v14i1.1954
Siregar, Y. S. (2019). Analisis Perancangan Algoritma Fuzzy C-Means dalam Menentukan Dosen Pembimbing Tugas Akhir. Medan. 3.
Rustiyan, R., & Mustakim, M. (2018). Penerapan Algoritma Fuzzy C Means untuk Analisis Permasalahan Simpanan Wajib Anggota Koperasi. Riau. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 171. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852605
Rachmaliany, N., Winiarti, S., & Yuliansyah, H. (2017). Pengembangan Aplikasi WEB untuk Penentuan Nutrisi Anak dengan Metode Fuzzy C-MEANS Berdasarkan Produk Kemasan. Kinetik, 2(2), 107. https://doi.org/10.22219/kinetik.v2i2.160