PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN BATIK DAN PENGEMASAN PRODUK MAKANAN ANGGOTA KOPWAN INTANI DESA BULULAWANG KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v2i1.1142Keywords:
ekonomi kreatif, batik bululawang, pengemasan produkAbstract
Tujuan dilaksanakan PPDM pada anggota KOPWAN INTANI adalah, memberdayakan anggota dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian mereka. Kegiatan yang dilakukan dengan membatik dari proses awal sampai menjadi kain batik dan mengolah menjadi ketrampilan yang mempunyai nilai ekonomis, selain itu membuat kemasan yang lebih menarik untuk dapat meningkatkan nilai jual dari produk-produk makanan anggota koperasi wanita INTANI. Sasaran berikutnya dalam kegiatan PPDM melatih promosi produk lewat media sosial.Metode yang digunakan degan mtransfer ilmu kepada anggota KOPWAN INTANI, meliputi proses membatik sampai menjadi ketrampilan yang siap dijual dan pengemasan makanan dengan pendampingan secara langsung. Hasil pengabdian kepada masyarakat melatih ketrampilan anggota Kopwan INTANI dalam membatik dan melakukan pengemasan produk-produk makanan yang dihasilkan anggota. Selain itu sistem penjualan dan promosi lewat sosial media juga dilakukan untuk menambah luasnya jaringan pemasaran.References
Budi Tri Siswanto, (2013) Pengembangan Higher Order Skills Four Cs (HOS4C) Pendukung Industri Kreatif. Laporan Penelitian
Oetomo, B. S. D. dan Santoso, S. (2015). Pengaruh Web Dalam Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Perhatian dan Ketertarikan Konsumen Online. Jurnal EKSIS, 8 (2):94-106.
Rini Noviyanti, Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren, E-Jurnal Intaj, Vol. 1 No.1 (Februari 2017) h. 83
Yuliati, L. N. & Simanjuntak, S., 2011. Persepsi Manfaat dan Risiko Dalam Perilaku Pembelian Konsumen Online Shop. Jurnal Ilmiah Keluarga dan Konsumen, 4 (2):173-181.
Downloads
Published
2019-11-08
Issue
Section
Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship