PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MASYARAKAT MELALUI KERAJINAN BATIK DAN PENGEMASAN PRODUK MAKANAN ANGGOTA KOPWAN INTANI DESA BULULAWANG KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Endang Sungkawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Ni Wayan Suarniati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Ratnawati Ratnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v2i1.1142

Keywords:

ekonomi kreatif, batik bululawang, pengemasan produk

Abstract

Tujuan dilaksanakan PPDM pada anggota KOPWAN INTANI adalah, memberdayakan anggota dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian mereka. Kegiatan yang dilakukan dengan membatik dari proses awal sampai menjadi kain batik dan mengolah menjadi ketrampilan yang mempunyai nilai ekonomis, selain itu membuat kemasan yang lebih menarik untuk dapat meningkatkan nilai jual dari produk-produk makanan anggota koperasi wanita INTANI. Sasaran berikutnya dalam kegiatan PPDM melatih promosi produk lewat media sosial.Metode yang digunakan degan mtransfer ilmu kepada anggota KOPWAN INTANI, meliputi proses membatik sampai menjadi ketrampilan yang siap dijual dan pengemasan makanan dengan pendampingan secara langsung. Hasil pengabdian kepada masyarakat melatih ketrampilan anggota Kopwan INTANI dalam membatik dan melakukan pengemasan produk-produk makanan yang dihasilkan anggota. Selain itu sistem penjualan dan promosi lewat sosial media juga dilakukan untuk menambah luasnya jaringan pemasaran.

References

Budi Tri Siswanto, (2013) Pengembangan Higher Order Skills Four Cs (HOS4C) Pendukung Industri Kreatif. Laporan Penelitian

Oetomo, B. S. D. dan Santoso, S. (2015). Pengaruh Web Dalam Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Perhatian dan Ketertarikan Konsumen Online. Jurnal EKSIS, 8 (2):94-106.

Rini Noviyanti, Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Di Lingkungan Pesantren, E-Jurnal Intaj, Vol. 1 No.1 (Februari 2017) h. 83

Yuliati, L. N. & Simanjuntak, S., 2011. Persepsi Manfaat dan Risiko Dalam Perilaku Pembelian Konsumen Online Shop. Jurnal Ilmiah Keluarga dan Konsumen, 4 (2):173-181.

Downloads

Published

2019-11-08

Issue

Section

Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship