PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG BAGI KELOMPOK KRIYA BATIK DI KAMPUNG BUDAYA POLOWIJEN

Authors

  • Sopanah Sopanah Program Studi Akuntansi,Universitas Widyagama Malang
  • Dwi Anggarani Program Studi Akuntansi,Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v2i1.1150

Keywords:

Kriya Batik, Kampung Budaya Polowijen, Ekonomi Kreatif

Abstract

Kampung Budaya Polowijen (KBP) berada di Kelurahan Polowijen didirikan yang telah diresmikan oleh Waliokota Malang sebagai salah satu Kampung Tematik di Kota Malang pada tanggal 02 April 2017 di Polowijen. Terdapat tiga kegiatan utama yang ada di KBP yaitu Kriya Batik, Kriya Topeng dan Tari Topeng.  Namun, pada pengabdian ini tim akan fokus pada pengabdian kelompok krita batik. Berdasarkan hasil observasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh kelompok kriya batik adalah  (1) Produksi terbatas, dikarenakan kurangnya jumlah pembatik yang kompeten,( 2) Penjualan dan Pemasaran produk hanya mengandalkan wisatawan yang berkunjung ke KBP, (3) Minimnya peralatan membatik sehingga menghambat produksi batik KBP, (4) Showroom untuk menaruh hasil batik yang sudah jadi, dan (5) Terbatasnya modal, untuk pengembangan usaha batik KBP. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan jumlah produksi dan penjulan batik KBP. Selain itu dengan adanya program ini diharapkan mampu menciptakan ekonomi kreatif dimana batik merupakan salah satu kriya yang menjadi bagian dari sub sector ekonomi kreatif. Serta mampu menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi disekitar lokasi KBP dan dapat menambah kesejateraan masyarakat di KBP. Metode pengabdian yang dilakukan oleh tim yakni itu dengan mengadakan sosialisasi serta pelatihan tentang memproduksi batik dan strategi untuk memasarkan serta menjual produk batik KBP.  Diharapkan dengan adanya pelatihan ini nantinya  akan mampu menambah pembatik yang handal dan berkompeten sehingga produksi batik akan tersedia secara continue dan berkelanjutan.

References

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, 2008. Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia, Departemen Perdagangan RI, Jakarta.

Sopanah, 2016, Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Malang, Bappeda Kota Malang

Universitas Widyagama Malang, 2016, Rencana Strategi Pengabdian Kepada Masyarkat Universitas Widyagama Malang tahun 2016-2020, Universitas Widyagama, Malang.

Downloads

Published

2019-11-08

Issue

Section

Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship