PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI KASUS KONSUMEN BUTIK ZIDNA BY QONITHAH)
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1841Keywords:
Word of Mouth, Brand Awareness, Impulse BuyingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan brand awareness terhadap impulse buying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiasi – hubungan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probabilitysampling dengan incidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden konsumen yang membeli produk Zidna by Qonithah langsung atau pembelian online. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Selanjutnya hipotesis diuji dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji f. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Science (SPSS) versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel word of mouth dan brand awareness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying konsumen butik sebesar 44,3%. Nilai pengaruh terbesar yaitu variabel brandawareness terhadap impulsebuying secara parsial sebesar 41,73% artinya butik Zidna melakukan strategi pemasaran untuk menggambarkan tingkat kesadaran merek produknya dengan baik.References
Aaker. David. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama. 2017.
Agung, Anak Agung Putu. Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Universitas Brawijaya Press. 2012
Budianto, Apri. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Ombak. 2015
Celiа dan Stаll Meаdows. Why Would Ðnyone Weаr Thаt?. United Kingdom: Intellect Books. 2013
Firmansyah, Anang. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Pasuruan: Penerbit Qiara Media. 2019
Handayani, Desy dkk. The Official MIM Academy Course book Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group. 2010
Hasan, Ali. Marketing dari Mulut ke Mulut: Word of mouth marketing. Yogyakarta: Media Pressindo. 2010
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga belas. Jakarta: Erlangga. 2010.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin. Lane. Marketing Management. 14th Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited. 2012.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga. 2013
Kusumowidagdo, Astrid. Desain Ritel: Komunikasikan Strategi Pemasaran Bisnis Dengan Tepat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2010
Latief, Rusman. Word of Mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia. 2018
Sernovitz, Andy. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies get People Talking. New York: Kaplan Inc. 2012.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumardy dkk. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Utami, Christina Widhya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Indrawan, Rully dan Yaniawati, R. Poppy, 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Bong, Soeseno. 2011. Pengaruh In - Store Stimuli terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket di Jakarta. Ultima Management, 3(1).
Hardiyan, Iyan. 2010. Dampak Respon Lingkungan Berbelanja Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Blossom Factory Outlet Bandung. Bandung: Skripsi Universitas Komputer Indonesia.
Hesty, Fransiska. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Hubungan Merek Terhadap Ekuitas Merek Oppo Smartphone. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma