KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN, SUATU TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • M. N. Lisan Sediawan

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v3i1.1846

Keywords:

knowledge management, kualitas layanan, pelayanan kesehatan, literature review

Abstract

Pengetahuan adalah aset tidak berwujud organisasi yang dapat memberikan keuntungan komparatif bagi mereka yang memilikinya. Rumah Sakit merupakan organisasi yang kompleks, unik, padat karya dengan latar belakang profesional yang beragam. Bersifat kompleks sebab terdapat permasalahan yang sangat rumit dan unik karena melibatkan proses yang menghasilkan jasa medis dan keperawatan sekaligus perhotelan dalam bentuk pelayanan kepada para pasien. Upaya sistematis meningkatkan pemanfaatan pengetahuan perusahaan melalui praktik manajemen informasi dan pembelajaran perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetetitif berkelanjutan dikenal dengan istilah Knowledge Management. Artikel ini menyajikan review sistematis terhadap jurnal-jurnal yang membahas knowledge management di bidang kesehatan menggunakan google scholar untuk periode 10 tahun (2009-2019). Artikel yang disertakan diberi analisis konten kualitatif. Kami mengambil 64 artikel yang 10 artikelnya memenuhi syarat untuk dianalisis. Sebagian besar penelitian (n=6) menggunakan metodologi kualitatif. Proses yang digunakan untuk tinjauan literatur ini sangat sistematis dan terdiri dari: pencarian, skrining, ekstraksi data, sintesis, dan pelaporan dan diseminasi. Manajer yang bergerak dibidang kesehatan harus berupaya menggunakan KM melalui upaya mengelola pengetahuan sebagai aset, dimana dalam berbagai prakteknya terjadi diseminasi pengetahuan dengan melibatkan seluruh elemen organisasi,manajemen, pasien, dokter dan perawat, serta ditunjang dengan teknologi informasi, struktur dan kepemimpinan. knowledge management yang berhasil harus berpusat pada pasien untuk mendapatkan keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan.

References

Ali, N., Tretiakov, A., Whiddett, D., & Hunter, I. (2017). Knowledge management systems success in healthcare: Leadership matters. International Journal of Medical Informatics.

Armstrong, R., Waters, E., & Crockett, B. (2007). The nature of evidence resources and knowledge translation for health promotion practitioners. Health Promotion International.

Ash, J. S., Sittig, D. F., Guappone, K. P., Dykstra, R. H., Richardson, J., Wright, A., & Carpenter, J. (2012). Recommended practices for computerized clinical decision support and knowledge management in community settings: a qualitative study. BMC Medical Informatics and Decision Making .

Hang, T. H., & Wang, T. C. (2009). Using the fuzzy multi-criteria decision making approach for measuring the possibility of successful knowledge management. Information Sciences.

Gerrish, K., Mcdonnell, A., Nolan, M., Guillaume, L., Kirshbaum, M., & Tod, A. (2011). The role of advanced practice nurses in knowledge brokering as a means of promoting evidence-based practice among clinical nurses. Journal of Advanced Nursing.

John Orzano, A., McInerney, C. R., Scharf, D., Tallia, A. F., & Crabtree, B. F. (2008). A knowledge management model: Implications for enhancing quality in health care. Journal of the American Society for Information Science and Technology.

Känsäkoski, H. (2017). Information and knowledge processes as a knowledge management framework in health care. Journal of Documentation.

Karamitri, I., Talias, M. A., & Bellali, T. (2017). Knowledge management practices in healthcare settings: a systematic review. The International Journal of Health Planning and Management.

Lee, H. S., & Hong, S. A. (2014). Factors affecting hospital employees' knowledge sharing intention and behavior, and innovation behavior. Osong Public Health and Research Perspectives.

Liu, F.-C., Cheng, K.-L., Chao, M., Tseng, H.-M., & Hsu-Min Tseng, A. (2012). Team Innovation Climate and Knowledge Sharing among Healthcare Managers: Mediating Effects of Altruistic Intentions. Chang Gung Med J.

Mccracken, S. S., & Edwards, J. S. (2015). Implementing a knowledge management system within an NHS hospital: a case study exploring the roll-out of an electronic patient record (EPR). Knowledge Management Research & Practice.

Nembhard, I. M., Northrup, V., Shaller, D., & Cleary, P. D. (2012). Improving Organizational Climate for Quality and Quality of Care Does Membership in a Collaborative Help? Medical Care.

Peirson, L., Ciliska, D., Dobbins, M., & Mowat, D. (2012). Building capacity for evidence informed decision making in public health: a case study of organizational change. BMC Public Health.

Shahmoradi, L., Safadari, R., & Jimma, W. (2017). Knowledge Management Implementation. Knowledge Management Implementation and the Tools Utilized in Healthcare for Evidence-Based Decision Making: A Systematic Review Knowledge Management Implementation and the Tools Utilized in Healthcare for Evidence-Bas. J Health Sci.

Wang, Y., Kung, L., Yu, W., Wang, C., & Cegielski, C. G. (2017). An integrated big data analytics-enabled transformation model: Application to health care. Information & Management.

Yun, E. K. (2013). Predictors of attitude and intention to use knowledge management system among Korean nurses. Nurse Education Today.

Downloads

Issue

Section

Riset Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship